Analisis industri minuman kesehatan di Indonesia
Tambok Parulian S.; Lyliana;
Wahjudi Prakarsa Benjamin, examiner; Ahmad Fuad Afdhal, supervisor
([Publisher not identified]
, 1995)
|
ABSTRAK Era globalisasi mempengaruhi kehidupan masyarakat suatu negara,termasuk Indonesia. Pola hidup sehat juga melanda penduduk dunia yangsemakin menyadari bahwa banyak masalah yang dapat mengakibatkanpenurunan tingkat harapan hidup. Oleh karena itu mereka terus menekan polahidup yang dapat mendukung hidup sehat. Salah satu produk yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebutadalah minuman kesehatan. Minuman kesehatan adalah minuman yangmenawarkan khasiat menunjang kesehatan tubuh manusia. Produk ini dikemasdengan trendi, praktis dan dalam bentuk siap minum. Persaingan dalam industri minuman, khususnya minuman kesehatansemakin tajam dengan makin banyaknya pemain baru dalam industri. Setiappemain berusaha untuk memperkenalkan produk baru bagi masyarakatIndonesia melalui iklan yang gencar, terutama pada media cetak dan elektronikyang dikonsumsi masyarakat menengah-atas. Pada mulanya pasar yang dituju adalah kelompok menengah-atas yangtidak mengalami kesulitan finansial untuk membeli produk ini. Peluang ¡nididukung dengari proyeksi penduduk dan Lembaga Demografi UI yangmenyatakan bahwa pada lima belas tahun mendatang, kelompok baby boomerIndonesia atau kelompok 20-39 tahun merupakan kelompok dengan daya beliterkuat. Tetapi kemudian terjadi perluasan pembeli, dimana ternyata adakelompok menengah bawah yang merupakan pembeli potensial. Akhirnyabeberapa perusahaan mulai melakukan diferensiasi produk sesuai dengan targetpasarnya. Masalah utama yang dihadapi oleh produsen adalah kesulitanmenanamkan kepercayaan kepada masyarakat bahwa produk ini memangbenar-benar menyehatkan dan tidak mengandung bahan yang membahayakanmanusia. Fenomena ini umum terjadi pada produk yang masih baru, tetapidengan semakin terbukanya sistem informasi maka hambatan ini akan diatasi. Industri minuman kesehatan Indonesia masih dalam tahap pergerakandan pengenalan produk (introduction) menuju pertumbuhan (growth), sehinggaindustri ini sangat menarik untuk diikuti lebih lanjut. Di masa depan, industriminuman kesehatan akan semakin kompetitif dan berkembang. |
T4053-Tambok Parulan S.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 117 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20442180 |