Strategi pemasaran retailing: suatu bahasan pada tiga department store di Jakarta
Nita Loreta Lanasier;
Teddy Pawitra, supervisor
([Publisher not identified]
, 1996)
|
ABSTRAK Industri retail di Jakarta telah mengalami perkembangan yang pesat.Semula retailer modern hanya merupakan alternatif pilihan tempat belanja bagimasyarakat Jakarta, kini telah menjadi tempat yang tepat untuk berbelanja.Didukung pula oleh munculnya berbagai mal atau pusat perbelanjaan modernyang menyajikan konsep one-stop-shopping serta masuknya para retailer asingyang umumnya masuk melalui sistem franchise. Masuknya retailer asing menimbulkan pro kontra baik di kalangan parapengamat industri retail maupun di dalam asosiasinya sendiri sehingga sempatmenimbulkan perpecahan antara kubu yang pro dan yang kontra.Untuk mendukung pendapat bahwa dengan masuknya retailer asingtidak akan mematikan retailer lokal, maka penulis mencoba membahaspermasalahan tersebut dengan mengambil subyek pada tiga department store,yaitu Metro dan Seibu sebagai retailer asing dan Matahari sebagai retailerlokal. Berdasarkan hasil analisis, ternyata retail lokal dalam hal ini Mataharitidak terlaiu banyak terpengaruh dengan masuknya Retail Asing karena padadasarnya pangsa pasar yang mereka bidik adalah berlainan. Retail Asingmembidik pasar atas sedangkan retail lokal membidik pasar menengah yangbesarnya 60%. Salah satu tujuan dari Retail asing masuk ke Indonesia adalahuntuk menjaring konsumen yang biasa pergi ke luar negeri untuk berbelanja,maka dengan menyediakan merchandise yang ekslusif dan bertarafInternasional mereka berkeyakinan dapat mengalihkan tujuan belanja mereka,sekaligus menawarkan suatu gaya hidup baru. Sedangkan Matahari untukmenghadapi retail asing yang masuk berusaha untuk menguatkan diri padasegmen yang sudah mereka kuasai tetapi juga merambah untuk melayani pasarkelas atas dengan konsep yang sama sekali lain yaitu Galleria. Keberhasilan strategi Matahari dapat dilihat dari kenyataan bahwa totalsales turn over untuk industri retail adalah sebesar Rp 5,3 trilyun dimana Rp 2trilyun merupakan kontribusi dari Matahari |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 105 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20442193 |