:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis kebiasaan konsumen berbelanja di gerai swalayan (produk shampo)

Lubis, Gita Nurul; Bambang Hermanto, supervisor; Ronny K. Hermajanto Moentoro, examiner ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalam beberapa tahun terakhir ini, beberapa perubahan terjadi di retail market serta
konsumen, yang diperkirakan mempengaruhi kebiasaan konsumen dalam berbelanja.
Untuk itu dibutuhkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai bagaimana (sikap dan
kebiasaan) konsumen berbelanja (di gerai swalayan), sehingga dapat ditentukan strategi
penjualan yang lebih tepat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui sikap dan kebiasaan konsumen
ketika berbelanja di gerai swalayan, (2) mengetahui keefektifan dan In store promotions,
serta untuk (3). mengetahui evaluasi dan konsumen terhadap gerai-gerai swalayan yang
ada.
Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive research, yang dilaksanakan di
empat outlet swalayan. Setelah diperoleh data melalui wawancara langsung dengan 466
responden, maka dilakukan descriptive analysis untuk mengukur perilaku konsumen
berbelanja ketika berbelanja swalayan.
Dari hasil penelitian diperoleh informasi sebagai berikut:
Warung, pasar tradisional serta pedagang keliling tetap merupakan pilihan utama
untuk berbelanja. Terlihat indikasi bahwa konsumen mengunjungi outlet yang
berbeda untuk rnembeli suatu produk tertentu.
Siklus pembelian shampo adalah satu bulan sekali. Lebih dari setengah pembeli
membeli shampo untuk diri sendiri. Tetapi, bagi pembeli yang membeli shampo untuk
orang lain, membuat keputusan merek mana yang akan dibeli adalah tetap menjadi
wewenang mereka (buyer).
Loyalitas terhadap merek shampo cukup tinggi, dimana 80% konsumen mengatakan
akan setia pada merek yang biasa mereka pakai.
Kemasan dan nama merek memainkan peranan yang sangat penting dalam hal brand
identification dan akhirnya pembelian.
Faktor-faktor yang paling menjadi pertimbangan konsumen ketika memilih swalayan
mana yang akan dikunjungi adalah : Kebersihan dan kerapian toko, Antrian yang
cepat di kasir, Kualitas sayur, buah, daging, serta ikan segar.
Awareness mengenai kegiatan promosi (in-store promotions) sangat rendah.

 File Digital: 1

Shelf
 T4079-Gita Nurul Lubis.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 75 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-902505925 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20442195