Analisis kebiasaan konsumen berbelanja di gerai swalayan (produk shampo)
Lubis, Gita Nurul;
Bambang Hermanto, supervisor; Ronny K. Hermajanto Moentoro, examiner
([Publisher not identified]
, 2001)
|
ABSTRAK Dalam beberapa tahun terakhir ini, beberapa perubahan terjadi di retail market sertakonsumen, yang diperkirakan mempengaruhi kebiasaan konsumen dalam berbelanja.Untuk itu dibutuhkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai bagaimana (sikap dankebiasaan) konsumen berbelanja (di gerai swalayan), sehingga dapat ditentukan strategipenjualan yang lebih tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui sikap dan kebiasaan konsumenketika berbelanja di gerai swalayan, (2) mengetahui keefektifan dan In store promotions,serta untuk (3). mengetahui evaluasi dan konsumen terhadap gerai-gerai swalayan yangada. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive research, yang dilaksanakan diempat outlet swalayan. Setelah diperoleh data melalui wawancara langsung dengan 466responden, maka dilakukan descriptive analysis untuk mengukur perilaku konsumenberbelanja ketika berbelanja swalayan. Dari hasil penelitian diperoleh informasi sebagai berikut: Warung, pasar tradisional serta pedagang keliling tetap merupakan pilihan utamauntuk berbelanja. Terlihat indikasi bahwa konsumen mengunjungi outlet yangberbeda untuk rnembeli suatu produk tertentu. Siklus pembelian shampo adalah satu bulan sekali. Lebih dari setengah pembelimembeli shampo untuk diri sendiri. Tetapi, bagi pembeli yang membeli shampo untukorang lain, membuat keputusan merek mana yang akan dibeli adalah tetap menjadiwewenang mereka (buyer). Loyalitas terhadap merek shampo cukup tinggi, dimana 80% konsumen mengatakanakan setia pada merek yang biasa mereka pakai. Kemasan dan nama merek memainkan peranan yang sangat penting dalam hal brandidentification dan akhirnya pembelian. Faktor-faktor yang paling menjadi pertimbangan konsumen ketika memilih swalayanmana yang akan dikunjungi adalah : Kebersihan dan kerapian toko, Antrian yangcepat di kasir, Kualitas sayur, buah, daging, serta ikan segar. Awareness mengenai kegiatan promosi (in-store promotions) sangat rendah. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 75 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-902505925 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20442195 |