ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FPbS IKIP YOGYAKARTA dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar, khususnya dalam bidang studi bahasa Jerman, antara mahasiswa input yang diterima lewat jalur UMPTN dengan jalur PBU. Subjek penelitian meliputi semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FPBS IKIP Yogyakarta yang terdaftar pada tahun akademik 1992/1993 yang telah menyelesaikan perkuliahannya semester I dan data-data nilainya lengkap. Jumlahnya ada 69 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah census sampling. Teknik pengambilan sampel terdiri dari kuisioner sederhana dan kartu data. Kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data kategori/ klasifikasi berupa indeks prestasi (IP) sudah ada di BAAK fakultas dan USIM IKIP YOGYAKARTA sehingga tidak diperlukan instrumen khusus, kecuali kartu data sebagai instrumen perekam data, deskriptif untuk mendeskripsikan prestasi belajar dan (2) statistik uji-t untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kedua kelompok mahasiswa responden. |