ABSTRAK Asuransi merupakan satu jenis usaha yang bersifat khusus dan unik, dimana jasayang diberikan tidak mempunyai wujud sama sekali serta bersifat implisit, dimana jasa iniberupa manfaat psikologis dalam bentuk perlindungan terhadap resiko yang mungkindihadapi oleh nasabah. Mengingat sifat unik yang dimiliki , maka untuk menunjangkeberhasilan usaha dan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaanasuransi, diperlukan suatu strategi pemasaran strategi pemasaran yang tepat. Dalam memasuki pasar asuransi yang beraneka ragam maka perusahaan asuransihams menentukan strategi pemasarannya yaltu dengan menerapkan strategi STP(Segmentasi, Positioning, dan Targeting) dalam menggarap pasarnya, sehingga perusahaanasuransi mempunyai daya saing yang lebih balk, karena dapat lebib fokus dalammemberikan pelayanan dan menghasilkan produknya. Oleh karena itu untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi pemasaran yangdilakukan oleh perusahaan asuransi kerugian di Indonesia, khususnya tentang strategisegmentasi perusahaan asuransi kerugian dalam memetakan pasarnya yang begitu luasmaka penelitian dibuat berdasarkan survey kepada perusahaan asuransi kerugian yangberoperasi di Indonesia. Adapun tujuan dan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui apakah perusahaan asuransi di Indonesia melaksanakan strategi segmentasidaiam menentukan target pasarnya. 2. Mengetahui sejauh mana perusahaan asuransi di Indonesia dalam menyusun strategisegmentasinya. 3. Mengetahui apakah perusahaan yang melakukan segmentasi akan memiIki kinerjayang lebìh tinggi. Adapun metolologi yang digunakan adalah sebagai berikut: 1. Bentuk penelitian Bentuk penelitian yang digunakan adalah riset deskriptif. 2. Jenis Data Jenis data yang dipakai dalam penelitian ifli adalah data primer dan datasekunder. Data primer yang dibutuhkan diperoleh dari hasil survey,sedangkan untuk data sekunder diperoleh dan Literature-literaturekepustakaan, antara lain dan jumal ? jurnal ilmiah , buku teks, Internet,laporan tahunan Dewan Asuransi Indonesia, dan sumber-sumber lain yangmendukung penelitian ini. Jumlah sample yang diambil adalah sebanyak 40 responden dan jumlah populasisebanyak 107 perusahaan.Dan 107 perusahaan kami mengirimkan kuesioner kepada 100penisahaan balk dengan surat maupun didatangi Iangsung ,namun yang menjawab danmerespon hanya 43 perusahaan saja.Survey dilakukan dan Akhir Juli 2001 sampai denganSeptember 2001. Dari hasil penelitian didapat perusahan asuransi yang melakukan strategisegmentasi dapat disimpulkan adalah perusahaan yang mulai menggarap pasar retaildengan senius, maka sebagian besar perusahaan asuransi di Indonesia sudah melaksanakanstrategi segmentasi ini, dengan berbagai variabel dan dimensi yang lengkap.Maka danhasil penyusunan strategi segmentasi inilah mereka membuat strategi marketing mix-nya. Dan berdasarkan hasil penelitian ini didapat bahwa perusahaan yang melakukanstrategi segmentasi memiliki keunggulan kinerja yang Iebìh baik dibandingkan denganpenisahaan yang tidak melakukan strategi segmentasi, yang diukur berdasarkanpendapatan premi, laba perusaliaatl dan market share-nya, karena mereka Iebih dapatmengenali konsumeflnYa sehingga dapat menyusun strategi bauran pemasaran yang tepatyang meliputi strategi produk, harga ,distribusi dan promosi yang sesuai dengan segmenpasar yang ditekuninya. |