Strategi pemasaran kargo domestik PT Garuda Indonesia
Nanang Farid Majdi;
Ahmad Fuad Afdhal, supervisor
([Publisher not identified]
, 1996)
|
ABSTRAK Selama beberapa tahun terakhir pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijaksanaanuntuk meningkatkan dan memperkuat daya saing ekonorni nasional. Beberapa kebijakan yangberkaitan Iangsung dengan PT. Garuda Indonesia antara lain Undang-undang no.15 tabun 1992tentang Penerbangan Nasional dan PP no. 4 tahun 1994 tentang Penanaman Modal Asing. Olehkarena itu GA harus mengkaji dan mencermati clampak dan dikeluarkanya peraturan-peraturantersebut terhadap kesuksesan perusahaan. Pertumbuhan angkutan kargo udara domestik yang cukup pesat merupakan peluangbagi GA untuk meningkatkan pendapatan dari luar sektor produk inti (core product)perusahaan. Angkutan kargo udara domestik untuk beberapa tahun ke depan diperkirakantumbuh sebesar l2% pertahun, Iebih tinggi dari angkutan penumpang yang rata-rata sebesar5% pertahun. Persaingan memperebutkan pangsa pasar kargo domestik saat ini cukup ketatdengan GA masih sebagai pemlinpin pasar yang pada tahun 1995 menguasai 73,61% kargoinbound (ke Jakarta) dan 49,5% kargo outbound (keluar dan Jakarta). Tingginya pangsa pasarini tidak mencerminkan keadaan sebenarnya karena: - Sebagian kargo inbound GA merupakan kargo transit. - GA mempunyai ton km produksi lebih besar dan pesaing. - GA mempunyai frekuensi ke kota-kota potensial lebih banyak dari maskapai lain Ancaman terhadap kargo domestik GA antara lain datang dari maskapai penerbangandalam negeri yang semakin agresif mempromosikan produk kargonya. Sebagai contoh SempatiAir dengan VIP-nya atau Merpati dengan Mega Cargo-riya, selain itu juga berasal darimaskapai asing yang mernpunyai hak terbang ke 13 kola domestik. Hal ini bertambah denganadanya tekanan produk pengganti yang berupa model angkutan darat dan angkutan saut yangpada banyak daerah merupakan model angkutan barang yang dominan. Pertumbuhan pasar yang tinggi belum diikuti oleh pertumbuhan kargo domestik GA,dan bahkan pada beberapa sektor kargo domestik GA mengalami penurunan yang cukup tajam.Melalui analisis BCG Matrix diperoleh kesimpulan kargo dome:tik GA saat ini berada padaposisi cash flow dengan pangsa pasar tinggi tetapi tingkat pertumbuhan rendah. Dengan strategiyang komprehensif diharapkan dapat mcncapai posisi star dimana menguasai pangsa pasar danmempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memenuhi permintaan pasar PT. GarudaIndonesia harus mempertimbangkan penggunaan pesawat khusus kargo (freighter). Pemilihanpesawat kargo yang digunakan harus disesuaikan dengan perencanaan armada (fleet plan)untuk memudahkan dalam pengadaan awak pesawat dan jadwal perawatan. Selain itu GA harusmemikirkan bahwa dalam melakukan ekspansi rute tidak hanya berdasarkan potensipenumpang semata tapi juga potensi kargo pada daerah tertentu. Pembenahan sarana dan prasarana kargo harus mendapat prioritas dan pimpinanperusahaan. PerÍuasan gudang, modernisasi peralatan handling dan uld dan pengadaan usahapenunjang tidak bisa ditunda lagi mengingat semakin besarnya volume barang yang dikirimmelalui kargo udara. Demikian juga dengan peningkatan kualitas dan kuantitas sumber dayamanusia (SDM) kargo GA harus dilakukan. Sebagian besar sumber claya manusia yang adasekarang diperkirakan tidak mampu Lagi bersaing dengan maskapai lain mengingat pendidikanformal dan informal yang mereka peroleh tidak mernadai. Problem ini mendesak dipecahkanmengingat penangan kargo dewasa ¡ni ?nenuntut kecepatan, ketepatan dan standar keamanariyang semakin tinggi. Selain itu segala upaya pembenahan di atas harus didukung oîeh suatu strategi yangtepat dan menyeluruh. Penyusunan strategi pemasaran yang tepat merupakan suatu keharusansebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing dan kesuksesan unit kargo GA. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 103 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20443019 |