ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan rancangan kasus kontrol antara variabel dependenyaitu penggunaan AKDR dan variabel independen yaitu faktor predisposisi antaralain umur, pendidikan, jumlah anak, lama nikah, pengetahuan, sikap. Faktorpemungki yaitu biaya pemakaian kontrasepsi, pengalaman efek samping akseptor.Faktor penguat yaitu dukungan suami, peran media massa dan kunjungan petugaskeluarga berencana. Jumlah sampel penelitian 144, 48 pengguna AKDR sebagaikasus dan 96 pemakai kontrasepsi non AKDR sebagai kontrol. Pengambilan datadilakukan dengan kuisioner pada Maret-Mei 2011. Data dianalisis secara univariatdan bivariat dengan uji t test untuk sikap, uji kolmogorov smirnov untuk lamanikah, pengetahuan dan biaya kontrasepsi dan chi square untuk variabel yang lain.Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan bermakna antara umur,pendidikan, pengetahuan, sikap, biaya KB dan peran peran media massa denganpenggunaan AKDR. Untuk itu diharapkan ditingkatkannya penyuluhan agarterjadi juga peningkatan pengetahuan klien tentang AKDR dan terjadipeningkatan cakupan panggunaan kontrasepsi AKDR. ABSTRACT The research was conducted with case-control design between the dependentvariable is the using of IUDs and the independent variables are predisposingfactors include age, education, number of children, length of marriage,knowledge, attitudes. Enabling factor is the cost of contraceptive use, experienceside effects acceptor. Reinforcing factors the husband's support, the role of massmedia and visits to family planning officials. The number of 144 samples, as thecase of 48 IUD users and 96 non-IUD contraceptive users as controls. Data werecollected with a questionnaire in March to May 2011. Data were analyzed withunivariate and bivariate t test independent for the attitude test, KolmogorovSmirnov test for a long marriage, and the cost and knowledge of contraceptive andchi square for the other variables. The results of bivariate analysis indicate thatthere is a significant relationship between age, education, knowledge, attitudes,the cost of family planning and the role of mass media role with IUD use. For thatexpected for increased outreach to occur also increases the client's knowledgeabout the IUD and an increase in coverage of contraceptive IUD. |