The research regarding luxury products in developed economies can be found in many literatures,on the other hand similar research in developing economies are still limited. Since this topic is stillunderexplored, particularly in developing economies, the purpose of this study is to investigate Indonesianconsumers’ perception of two different luxury brands that comes from different countries,namely BMW (Germany) and Lexus (Japan). Data was collected from diverse Indonesian BMWand Lexus owners. The consumers’ general brand perception and perceived values of luxury car areexamined in this study. Data analysis used structural equation modeling (SEM). Results indicatedthat Indonesian consumers considered Japanese luxury car’s (Lexus) conspicuous value higher thanGerman luxury car (BMW). Nevertheless, BMW was considered to have higher value in all of therest of the aspects studied such as quality value, social value, and hedonic value. Even though so, theresult of the study finds that Lexus owners have a higher purchase intention than BMW owners. Theresearch concludes that luxury brand perception is highly affecting consumers’ purchase intention inthis luxury automotive industry.Penelitian mengenai produk mewah (luxury products) di negara maju dapat ditemukan di banyakliteratur, namun penelitian serupa di negara berkembang masih terbatas. Karena topik ini masihrelatif kurang dieksplorasi di negara berkembang, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipersepsi konsumen Indonesia mengenai dua merek luxury brands yang berasal dari berbagainegara, yaitu BMW (Jerman) dan Lexus (Jepang). Data dikumpulkan dari berbagai pemilik BMWdan Lexus di Indonesia , kemudian penelitian ini meneliti persepsi umum konsumen mengenai merekdan nilai-nilai yang dirasakan (perceived value) dari merek mobil mewah. Analisis data penelitiandengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) mengungkapkan bahwa bahwa konsumenIndonesia menganggap mobil mewah Jepang (Lexus) memiliki conspicuous value yang lebihtinggi dari mobil mewah asal Jerman (BMW). Namun demikian, BMW dianggap memiliki nilai yanglebih tinggi dalam semua aspek lainnya yang diteliti dalam penelitian ini seperti nilai kualitas (qualityvalue), nilai sosial (social value), dan nilai hedonis (hedonic value). Meskipun demikian, hasil studitersebut menemukan bahwa pemilik Lexus memiliki niat beli lebih tinggi dari pemilik BMW. Hasilpenelitian menyimpulkan bahwa persepsi merek mewah sangat mempengaruhi niat beli konsumendalam industri otomotif mewah. |