:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan karakteristik dan pengetahuan klien tentang hak-haknya dengan tingkat kepuasan klien dalam menerima asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Ulin Banjarmasin

Yeni Mulyana; (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Kepuasan klien adalah salah satu indikator pelayanan keperawatan yang bermutu, hal ini merupakan hak semua klien. Dengan demikian penilaian tingkat kepuasan klien diperlukan untuk memperbaiki mutu asuhan keperawatan dalam memenuhi hak-hak kilen sebagai penerima jasa pelayanan keperawatan. Sedangkan persepsi klien dalam menilai kepuasan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya tingkat pendidikan, usia, jenis kelamin, pekerjaan serta karakteristik laĆ­nnya dalam hal ini tingkat pengetahuan.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, yang bertujuan untuk melihat hubungan karakteristik klien dan tingkat kepuasan klien dalam menerima asuhan keperawatan. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Ulin Banjarmasin dengan populasi 401 orang dan sampel 128 orang klien rawat inap, pada tanggal 27 Desember 2002 sampai 18 Januari 2003. Instrumen penelitian terdiri dari 19 item pernyataan untuk mengukur variabel pengetahuan dan 2 x 29 item pernyataan untuk mengukur tingkat kepuasan.
Hasil analisis bivariat dengan uji chi-square menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna dan karakteristik klien dengan tingkat kepuasan adalah cara bayar dengan nilai p-value = 0,01 dan kelas perawatan dengan p-value 0,02. Sedangkan hubungan tingkat pengetahuan kiien dengan tingkat kepuasan tidak menunjukkan adanya hubungan yang bermakna dengan p-value 0,11. Hash analisis multivariat dengan uji regresi logistik menunjukkan variabel tingkat pengetahuan dan cara bayai signifikan berhubungan dengan tingkat kepuasan dan yang paling dominan berhubungan adalah variabel cara pmbayaran setelah dikontrol vaniabel tingkat pengetahuan.
Rekomendasi untuk pimpinan RSIJD Ulin Banjarmasin, kiranya dapat memantau kualitas keperawatan secara erkesinambUflgafl melalui survei kepuasan kiien secara berka[a, dalam upaya niemenuhi hak-hak kiien. Untuk itu perlu dibentuk tim kerja yang akan menangani survei kepuasan kiien yang melibatkan praktisi keperawatan.

 File Digital: 1

Shelf
 T4580-Yeni Mulyani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T4580
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 101 pages ; illustration : 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T4580 15-23-44141458 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20443853