ABSTRAK Perkembangan teknologi yang pesat menimbulkan perubahan dalam dunia bisnis.Saat ini mulai bermunculan bisnis berbasis aplikasi online berupa layanan untukmelakukan pembelian makanan seperti GO-JEK, Klik-Eat, dan Raja-Makan.Namun, masih ditemukan beberapa masalah dalam pelaksanaan transaksipembelian makanan melalui layanan aplikasi online karena, belum dilakukannyaidentifikasi terkait pola hubungan hukum yang terjalin dalam proses pembelianmakanan tersebut. Pengidentifikasi hubungan hukum dilakukan untuk mengetahuipertanggungjawaban masing-masing pihak, dan dari pola hubungan hukum itudilakukan perbandingan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan masingmasingaplikasi online. Proses pembelian makanan melalui layanan aplikasi onlineseperti GO-JEK, Klik-Eat, dan Raja-Makan sejatinya memiliki kelebihan dankelemahannya masing-masing. Walaupun begitu, terdapat keunggulan dari masingmasingaplikasi, apabila melihat dari kepentingan pihak pemesan, pihak perusahaanaplikasi, atau pihak restoran dan driver. ABSTRACT Technological developments lead to changes in the business world. When thisstarted popping up online application form based business services to make thepurchase of food such as GO-JEK, Klik-Eat, and Raja-Makan. However, still foundsome problems in the implementation of food purchases via online applicationservice because, not related to the identification of the legal relationship schemethat exists in the process of purchasing the food. Legal relationship identifierconducted to determine the liability of each party, and of the legal relationshipscheme were compared to determine the strengths and weaknesses of each onlineapplication. The process of purchasing food through online application servicessuch as GO-JEK, Klik-Eat, and Raja-Makan actually has advantages anddisadvantages of each. However, there are advantages of each application, whenseen from the interests of the buyer, the company's application, or the restaurantand the driver. |