:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Struktur naratif bahasa isyarat Indonesia: analisis suprastruktur dan penghubung dalam wacana naratif oleh pengguna bahasa isyarat Jakarta = The narrative structure in Indonesian sign language: the study of superstructure and cohesive in narrative discourse by Jakarta sign language (JakSL) signer

Innova Safitri Suprapto Putri; Untung Yuwono, supervisor; Mantik, Maria Josephine, examiner; Mohammad Umar Muslim, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Skripsi ini membahas struktur wacana naratif dan unsur penghubung yang menjadi faktor keutuhan wacana bahasa Isyarat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis video bahasa Isyarat tentang tuturan dongeng Kelinci dan Kura-kura yang disampaikan oleh dua informan Tuli penutur jati bahasa Isyarat Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan struktur wacana naratif dan unsur penghubung wacana dari unsur kohesif dan unsur topik komen atas data yang sudah diambil dan ditranskripsikan. Berdasarkan variabel struktur yang diberikan oleh Labov dan Waletzky 1967 , wacana naratif bahasa Isyarat memiliki kesesuaian dari segi strukturnya. Dalam hal keutuhan wacana, terdapat kesesuaian dengan aspek-aspek yang diajukan oleh Schembri dan Johnston 2007 dalam menganalisis unsur kohesif dan topik komen. Unsur topik komen sebagai keutuhan wacana naratif terlihat dalam kesinambungan topik. Unsur kohesif dan topik komen dalam wacana naratif oleh penutur Isyarat ditandai dengan gerakan manual dan gerakan nomanual.

This study deals with the narrative structure and connecting elements of narrative discourse in Jakarta Sign Language JakSL . There are two methods used in this study, descriptive and qualitative. This study aims to describe the narrative superstructure and connecting elements of narrative discourse mdash focusing on cohesive and topic comment mdash from the data. The data are taken from transcription of two narrative signing videos about fable mdash The Hare and The Tortoise mdash narrated by JakSL signers. Between the theories about narrative structure by Labov dan Waletzky 1967 , research by Schembri dan Johnston 2007 and analysis of the data, there are compatibility of aspects in narrative superstructure. Moreover, it appears that manual and non manual sign are used to mark the connecting elements of narrative discourse in cohesive aspects and topic comment. Topic comment aspect is constantly delivered in topic continuity to demonstrate the unity of narrative discourse.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Innova Safitri Suprapto Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 142 pages : illustration ; 30 cm + apendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-18-095593051 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20445488