:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Knowledge transfer dalam tradisi "kembali ke Surau" Perpustakaan Masjid Baiturrahman = Knowledge transfer in tradition "kembali ke Surau" Baiturrahman Mosque Library

Fadhila Nurul Husna Zalmi; Laksmi, supervisor; Ike Iswary Lawanda, supervisor; Luky Wijayanti, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses transfer pengetahuan dalam tradisi ldquo;kembali ke surau rdquo;, mengetahui kendala dan problematika yang terjadi di masyarakat, serta menganalisa peran perpustakaan masjid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang berfokus pada interpretasi pengetahuan yang terjadi dalam tradisi ldquo;kembali ke surau. rdquo; Penelitian ini dilakukan berdasarkan SECI Model menurut Nonaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer pengetahuan dapat terjadi pada kegiatan tradisi ldquo;kembali ke surau rdquo; yang dilaksanakan di masjid. Transfer pengetahuan yang terjadi lebih didominan pada proses sosialisasi. Transfer pengetahuan dalam tradisi ldquo;kembali ke surau rdquo; ini lebih memperlihatkan tradisi lisan yang terjadi mengandung nilai informasi religi, adat, dan kebiasaan masyarakat serta kearifan lokal di dalam kehidupan masyarakat minangkabau. Namun, peran perpustakaan masjid tidak terlalu mendominasi dalam tradisi ini karena kurangnya pengelolaan perpustakaan. Keterbatasan sumber daya manusia, tidak adanya ruangan khusus perpustakaan serta kurangnya koleksi.

This research aims to understand the process of knowledge transfer in tradition kembali ke surau , knowing the problems in the community, and to analyze the role of mosque library. This research uses descriptive qualitative method, which focuses on the interpretation of knowledge in kembali ke surau rdquo tradition This research is based on the SECI model by Nonaka. The results show that knowledge transfer can occur in traditional activities kembali ke surau was held at the mosque. The knowledge transfer that occurs more dominant the socialization process. Transfer of knowledge in kembali ke surau tradition shows more of an oral tradition that happens to contain informational value of religion, customs, and habits of the community and local wisdom in Minangkabau community life. However, the role of libraries in mosques not too dominating in this tradition because of the lack of library management. Limited human resources, the absence of a special room of the library as well as the lack of collection.

 File Digital: 1

Shelf
 T47141-Fadhila Nurul Husna Zalmi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T47141
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 108 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T47141 15-19-671739240 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20445608