:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kepemilikan rumah, jaringan sosial dan akses ke kredit usaha: studi kasus di Indonesia = Homeownership network and access to business credit: study case of Indonesia / Agus Setiawan Adi Nugroho

Agus Setiawan Adi Nugroho; Goto, Daisaku, supervisor; Kaneko, Shinji, examiner; Kawata, Keisuke, examiner; Maria Goreti Arie Damayanti, examiner ([Publisher not identified] , 2016)

 Abstrak

ABSTRAK
Berdasarkan penelitian-penelitian terdahulu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kepemilikan rumah dan level jaringan sosial sebuah keluarga. Selain itu juga terdapat beberapa bukti empiris yang menunjukan bahwa jaringan sosial memiliki efek yang signifikan terhadap kesempatan keluarga untuk memperoleh pinjaman usaha. Oleh karena itu sangat memungkinkan adanya korelasi secara tidak langsung antara kepemilikan rumah dan kesempatan sebuah keluarga untuk mendapatkan kredit usaha dimana hubungan tersebut dimediasi oleh tingkat jaringan sosial yang dimiliki keluarga tersebut. Dengan menggunakan metode mediation analysis kami akan menginvestigasi hubungan antara kepemilikan rumah, jaringan sosial dan kesempatan keluarga untuk memperoleh bantuan keuangan untuk usaha. penelitian ini difokuskan pada keluarga yang penghasilan utamanya berasal dari kegiatan usaha enterpreneur dan tinggal di wilayah perkotaan. Temuan utama dari penelitian ini adalah terdapat korelasi yang positive dan signifikan antara kepemilikan rumah dan level jaringan sosial sebuah keluarga sedangkan keluarga yang mempunyai tingkat jaringan sosial yang lebih tinggi akan lebih berpeluang untuk memperoleh kredit usaha. Hasil dari mediation analysis menunjukan lebih kurang 37 korelasi antara kepemilikan rumah dan peluang keluarga untuk menerima pinjaman usaha dimediasi oleh tingkat jaringan sosial.

ABSTRACT
From the prior studies it can be concluded that relationship between homeownership and social network is inevitable. Moreover, there are some empirical evidences promote the significant effect of family network on the credit access. Therefore, it is highly likely that homeownership has impact on the opportunity of household to obtain business credit through the social network. Using mediation analysis this paper would like to investigate the relationship between homeownership, network and the opportunity of household to obtain business credit in Indonesia. This research focus on household that their main income came from business activities entrepreneur and they live in the urban area. The main finding of this study is homeownership has positive and significant correlation on the household rsquo s network furthermore household with higher social network more likely to get better opportunity to obtain finance loan. In addition, mediation analysis shows that approximately, 37 the correlation between homeownership and the probability to get business credit is mediated by social network.

 File Digital: 1

Shelf
 T47501-Agus Setiawan Adi Nugroho.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T47501
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 31 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T47501 15-18-678158578 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20445677