ABSTRAK Kebanyakan penelitian menemukan bahwa faktor penentu capaian pendidikan yang paling utama adalah pendapatan keluarga dan pendidikan orang tua. Dalam perkembangannya, sebagian studi menemukan bahwa faktor kebijakan dan pengambilan keputusan dalam keluarga juga dapat mempengaruhi kualitas pendidikan anak. Diskusi yang intens antara orang tua dan anak dalam memutuskan pendidikan anak mungkin akan memiliki konsekuensi pada masa depan pencapaian pendidikan anak yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah keterlibatan anak dalam pengambilan keputusan pendidikan anak dalam rumah tangga akan menghasilkan capaian yang berbeda pada pendidikan anak di masa depan. Pengambilan keputusan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu 1 diputuskan oleh orang tua saja, 2 diputuskan bersama oleh orang tua dan anak, dan 3 diputuskan oleh anak saja. Penelitian ini menggunakan data IFLS Indonesian Family Life Survey tahun 2000 dan 2007 untuk menjawab pertanyaan penelitian. Menggunakan metode estimasi ekonometrik OLS, penelitian ini mengkonfirmasi bahwa terdapat peran pengambil keputusan pendidikan anak pada tahun 2000 terhadap capaian pendidikan anak pada tahun 2007. Terutama jika anak secara mandiri yang memutuskan sendiri pilihan sekolah/pendidikannya dibandingkan kelompok basis, yaitu jika orang tua yang memutuskan pilihan sekolah/pendidikan anaknya. Hasil ini menunjukkan bahwa orang tua harus mendengar suara anak mereka dalam memutuskan pilihan pendidikan. ABSTRACT Many studies on the determinants of children rsquo s education attainment have found that parent rsquo s background and family income are the most important factors. However, the current research shows the importance of intra household decision making on children rsquo s education attainment. An intense discussion between a parent and child on the best path of education that the child should take, would probably have a future consequence on the child rsquo s education attainment. This study aims at analyzing the impact of children rsquo s involvement on decision making of their education attainment. We separate the decision making of children rsquo s schooling choices into three types decided by parents, decided by both parents and children, and decided by children. Which type of decision making, regarding children rsquo s education, has the best outcome for future education attainment This study uses two waves of 2000 and 2007 IFLS Indonesian Family Life Survey to examine this issue. Applying econometric estimations, this study confirms that the type of decision making on children rsquo s schooling choices in 2000 has a significant effect on the future children rsquo s education choice, decided by children, has the highest impact on children rsquo s education attainment compared to the other types of decision making. This result suggests that parent should hear their children rsquo s voice in deciding their education choice. |