:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Persepsi dan perilaku pengguna untuk mengoptimalkan kinerja bangunan (studi komparasi pada bangunan hijau dan bangunan konvensional di kawasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) = Perception and user behavior to optimize building performance (comparative study on green building and conventional building in ministry of public works and public housing) / Devy Loviardi

Devy Loviardi; Emirhadi Suganda, supervisor; Anita Firmanti, supervisor; Raldi Hendro Toro Seputro Koestoer, examiner ; Hayati Sari, examiner; Tri Edhi Budhi Soesilo, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Bangunan sebagai wadah kegiatan manusia, tidak hanya solusi untuk menjawab kebutuhan masalah ruang, tetapi juga harus menjawab ekonomi, lingkungan, dan sosial. Guna mencapai hal tersebut, dalam konstruksi dan operasi bangunan, tidak hanya mempertimbangkan teknologi, tetapi juga harus didukung oleh persepsi positif dari para penggunanya, yang akan menghasilkan perilaku positif seperti perilaku peduli lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bahwa selama ini keberhasilan kinerja sebuah bangunan konvensional atau bangunan hijau hanya didasarkan pada kondisi fisik bangunan, namun untuk mencapai kinerja bangunan yang optimal ditentukan oleh persepsi dan tingkah laku pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan persepsi dan potensi perilaku peduli lingkungan untuk mengoptimalkan kinerja bangunan hijau. Hubungan antara kinerja bangunan, baik bangunan hijau dan bangunan konvensional dengan persepsi dan perilaku akan dianalisis menggunakan kuesioner dan wawancara dengan pengguna bangunan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perilaku peduli lingkungan pengguna bangunan akan dapat mengoptimalkan tujuan pembangunan gedung, meskipun kadang-kadang kenyamanan pengguna akan sedikit terganggu, karena pilihan teknologi mereka tidak sepenuhnya dikendalikan dan disetujui oleh pengguna bangunan.
ABSTRACT
Building as a place for human activity, not only a solution to answer space issue requirement, but also it must be an answer the economic, environmental, and social issue. To achieve that, in construction and building operation, not only consider the technology, but also must be supported by a positive perception of its users, which will produce positive behaviors such as pro environmental behavior. Accordingly, the formulation of the problem in this research is that during these the success of conventional building performance or green building based only on the physical condition of the building, but to achieve optimum building performance is determined by the perceptions and user behavior. The aim of this study is to identify trends perception and potential pro environmental behavior to optimize green buildings performance. The relationship between the building performance, both green buildings and conventional buildings with perception and behavior analyzed using questionnaires and interviews with the users. The results of this research is found that pro environmental behavior of users will be able to optimize the development goals of the building, although sometimes the users convenience will be slightly annoyed, because the technology choices are not fully controlled and approved by the building users.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Devy Loviardi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xxi, 222 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-245998079 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20445869