Pengaruh edukasi manajemen dispnea terhadap self efficacy dalam mengelola kesulitan bernafas pada pasien PPOK = The effect of dyspnea management education toward self efficacy in managing breathing difficulities in COPD patients / Rizkika Ramadhani
Rizkika Ramadhani;
Sitorus, Ratna, supervisor; Sri Yona, supervisor; Riri Maria, examiner; Puji Raharja Santosa, examiner
([Publisher not identified]
, 2017)
|
ABSTRAK Nama : Rizkika RamadhaniProgram Studi : Magister Keperawatan Medikal BedahJudul : Pengaruh Edukasi Manajemen Dispnea Terhadap SelfEfficacy dalam Mengelola Kesulitan Bernafas Pada PasienPPOKPenyakit PPOK bersifat kronis dan progresif sehingga membutuhkan upayamanajemen penyakit secara mandiri dalam penatalaksanaan penyakitnya. Selfefficacy merupakan konsep penting dari manajemen penyakit secara mandiri gunamewujudkan perubahan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasipengaruh edukasi manajemen dispnea terhadap self efficacy dalam mengelolakesulitan bernafas pada pasien PPOK. Desain penelitian yang digunakan adalahkuasi eksperimen pretest-postest dengan kelompok kontrol. Sampel padapenelitian berjumlah 34 orang, terdiri dari 17 orang kelompok intervensi dan 17orang kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan selfefficacy yang bermakna setelah diberikan edukasi manajemen dispnea p=0.036 .Berdasarkan penelitian ini, edukasi manajemen dispnea dapat dijadikan sebagaiintervensi keperawatan untuk meningkatkan self efficacy pasien PPOK dalammengelola kesulitan bernafas.Kata kunci : edukasi manajemen dispnea, PPOK, self efficacy ABSTRACT Name Rizkika RamadhaniProgram Master of Nursing Science speciality in Medical Surgical NursingTitle The effect of dyspnea management education toward self efficacyin managing breathing difficulities in COPD patientsCOPD is chronic and progressive disease that requires self management efforts inthe management of disease. Self efficacy is an important concept of selfmanagement disease to achieve behavioral change. The research objective was toidentify the influence of dyspnea management education toward self efficacy inmanaging breathing difficulties in COPD patients. The research design was quasyexperiment by using pretest posttest with control group. The number of sampleswere 34, consist of 17 people in intervention group and 17 people in controlgroup. The results showed a significant increase toward self efficacy after givendyspnea management education p 0.036 . Based on this research, dyspneamanagement education can be used as a nursing interventions to improve selfefficacy in managing breathing difficulties in COPD patients.Keywords dispnea management education, COPD, self efficacy |
T47113-Rizkika Ramadhani.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T47113 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xviii, 185 pages: illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T47113 | 15-18-970745881 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446322 |