:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh validitas konten pelatihan dan dukungan sosial terhadap transfer pelatihan studi kasus pada usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia = The influence of perceived content validity and social support on transfer of training (case study on Indonesian SME's) / Sigit Rasyid Raharjo

Sigit Rasyid Raharjo; Aryana Satrya, supervisor; Evie Wibowo Iman, examiner; Hapsari Setyowardhani, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016)

 Abstrak

Salah satu upaya dalam mengatasi celah antara kinerja saat ini dengan kinerja yang diharapkan oleh organisasi terhadap individu adalah melalui pelatihan dan pengembangan. Proses pelatihan yang dilaksanakan secara tepat dan berkesinambungan tentu diharapkan dapat meningkatkan kompetensi individu yang sejalan dengan tujuan organisasi sehingga akan meningkatkan kinerja organisasi. Akan tetapi permasalahan yang sering terjadi dalam proses pelatihan adalah relevansi dan penerapan hasil pelatihan yang tidak sesuai dengan tujuan daripelatihan tersebut. Permasalahan tersebut timbul umumnya terjadi pada proses transfer pelatihan untuk diterapkan di pekerjaanya belum tercapai secara maksimal.Beberapa faktor pendorong dari kesuksesan proses transfer pelatihan pada pekerjaaan diantaranya andalah faktor karakteristik peserta pelatihan, desain pelatihan dan lingkungan kerja yang mendukung proses transfer hasil pelatihan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh validitas konten pelatihan yang didapatkan terhadap pekerjaannya dan dukungan sosial dalam pencapaian transfer pelatihan melalui mediasi motivasi untuk melakukan transfer pelatihan di pekerjaannya dalam lingkup pekerja disektor UMKM yang telah mendapatkan pelatihan. Validitas konten pelatihan adalah seberapa mirip kegiatan pelatihan yang didapatkan dengan situasi dan kondisi pekerjaan. Dukungan sosial menekankan pada sejauh mana peran dari organisasi khususnya peran supervisor dan rekan kerja dalam mendorong proses transfer pelatihan ditempat kerja. Sementara, motivasi untuk melakukan transfer pelatihan merupakan dorongan dan keinginan diri dalam mengembangkan hasil pelatihan pada pekerjaan.Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari validitas konten pelatihan dan dukungan sosial terhadap motivasi untuk melakukan transfer. Penelitian ini juga menyatakan bahwa faktor desain pelatihan yang relevan dan dukungan supervisor dan rekan kerja mempengaruhi keberhasilan proses transfer pelatihan di sektor UMKM. Penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagaimana gambaran kondisi proses transfer yang terjadi saat ini dan perbaikan yang masih perlu dilakukan untuk mendapatkan proses pelatihan yang efektif dan efisien khususnya di sektor UMKM.

The process to improve the gap between current and desired performance for individual in organization is through training and development. The training processes which organized relevantly and continuously is expected to increase the competence of individuals to fit in organizational goals in order to improve organizational performance. However, the problems that often occur in the training process is the relevance and applicability of training results does not match with the training objectives. Such problem mostly occurs in the transfer of training process applied on the job.The driving forces of the transfer of training process to job requirement are trainee's characteristics, training design and work environment that supports the process of the transfer of training. Therefore, the authors are interested in conducting a research on the influence of the perceived content validity and social support on achieving the transfer of training through the mediation of motivation to transfer within the SME's workers who had received training. Perceived content validity is the degree of training activities that similar to the situation and conditions on the job. The social support emphasizes the degree of organization roles in support transfer of training especially the role of supervisor and peer workers in the workplace. Meanwhile, the motivation to transfer training is an impulse and desire in developing the results of the training on the job.The results of this study shown that perceived content validity and social support positively and significantly influences motivation to transfer. This research also indicate that the relevance of training design to the job characteristics and both supervisor and peer support significantly influences training transfer. The research could be an instructional material about the description of training transfer processes conditions nowadays, and improvements to develop more effective and efficient training process, especially in the SME's sector.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sigit Rasyid Raharjo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 168 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-254020736 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446365