:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perumahan berkonsep cohousing pada proyek dfhousing = Residential of cohousing concept in dfhousing project / Andi Tenri Utana Prestasia

Andi Tenri Utana Prestasia; Teguh Utomo Atmoko, supervisor; Azrar Hadi H. Ramli, examiner; Hendrajaya Isnaeni, examiner; Ahmad Gamal, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehadiran perumahan yang mengadopsi konsep Cohousing yang dikembangkan oleh Dform, yang dalam pengembangannya bertujuan untuk menghadirkan hunian terjangkau bagi masyarakat kelas menegah di Indonesia. Perumahan berkonsep Cohousing merupakan sebuah istilah deskriptif yang dipopulerkan di Amerika Serikat oleh dua arsitek dari Amerika yaitu Kathryn McCamant and Charles Durrett yang mengembangkan perumahan berbasis komunitas yang memanfaatkan fasiitas bersama dalam bentuk Common house sebagai salah satu fitur yang memiliki peranan penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung interaksi sosial masyarakat yang tinggi dan menghadirkan hunian yang terjangkau.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui perbedaan yang terjadi pada proyek perumahan yang mengusung konsep Cohousing yang dikembangkan oleh DForm dan proyek Cohousing yang dikembangkan di Amerika Serikat terkait dengan keberadaan fasilitas bersama dalam bentuk Common house dalam menghadirkan perumahan yang terjangkau. Dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus eksplanatoris yang dilakuakan pada proyek Cohousing di Amerika maupun pada proyek cohousing yang dikembangkan oleh DFHousing, hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan fasilitas bersama dalam bentuk Common house pada proyek Cohousing DFHousing di Indonesia tidak memiliki peran dalam menghadirkan hunian yang berbasis komunitas dan terjangkau. Sehingga keberadaannya pada proyek tersebut tidak dibutuhkan. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan iklim dan cara berumah serta berkumpul.

ABSTRACT
AbstractThis research is motivated by the housing concept developed by Dform Cohousing, which aim to bring affordable housing for middle class people in Indonesia. Cohousing housing concept is a descriptive term that was popularized in the United States of America by two architects, Kathryn McCamant and Charles Durrett, that developing community based housing with shared facilities in the form of Common House as a feature that has an important role in creating an environment that supports high social interaction communities and bringing affordability to the project.The purpose of this study is to know the difference between DFHousing Cohousing project in Indonesia and the Cohousing project in America related to the role of shared facilities in the form of Common House, which also makes the housing project affordable and not present in Cohousing project developed by DFHousing in Indonesia. By using the explanatory case study research strategy on Cohousing project in the United States and the cohousig project developed by DFHousing, the results showed that the presence of the shared facilities in the form of Common house on DFHousing Cohousing project in Indonesia does not have a role in delivering affordable housing and increasing social interaction. Therefore, its presence on DFHousing Cohousing project in Indonesia is not required, because there is the different in climates, housing setup and the way people congregate.

 File Digital: 1

Shelf
 T47103-Andi Tenri Utana Prestasia Nadir.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T47103
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 101 pages: illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T47103 15-18-084891108 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446418