:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Refleksi dalam pembelajaran klinik keperawatan anak = Reflection on clinical learning of pediatric nursing / Siti Lestari

Siti Lestari; Dessie Wanda, supervisor; Nur Agustini, supervisor; Nani Nurhaeni, examiner; Herlina, examiner ([Publisher not identified] , 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Praktik klinik keperawatan anak menuntut mahasiswa berpikir cepat dan dinamis untuk merespon situasi yang ada di lahan praktik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan secara mendalam pengalaman mahasiswa yang melaksanakan refleksi sebagai strategi pembelajaran mandiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada praktik profesi keperawatan anak. Metode yang digunakan yaitu kualitatif multiple instrumental case study. Partisipan berjumlah 11 orang melaksanakan refleksi selama 3 minggu menggunakan Model PiKir 5D. Pengumpulan data melalui studi dokumen, kuesioner evaluasi diri pre dan post refleksi, dan focus group discussion FGD . Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan level refleksi, sebagian besar partisipan mampu mencapai level critical reflector. Hasil evaluasi diri post refleksi partisipan merasakan peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil FGD diperoleh 6 tema yaitu proses adaptasi refleksi 5D; fasilitasi model PiKir 5D; kesadaran diri; meningkatkan kemampuan berpikir kritis; meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap; serta meningkatkan kepercayaan diri. Kesimpulan penelitian ini yaitu refleksi dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran mandiri untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa. Saran peneliti, institusi pendidikan keperawatan menerapkan refleksi sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

ABSTRACT
Clinical practice of pediatric nursing requires students to think quickly and dynamically to respond the situations in clinical area. The objective of the study was to describe the experience of students who carried out reflection as self learning strategies to improve critical thinking skills for students in internship program of pediatric nursing. The method of this study was qualitative using multiple instrumental case study approach. The number of the participants in this study was 11 participants carried out reflection practice for 3 weeks using PiKir 5D model. The collection of data through three ways, document study, self evaluation questionaire pre and post reflection, and focus group discussion FGD . The result of the study showed that the level of reflection had improved some participants were able to achieve a critical reflector level. The result of self evaluation through participants noticed an improvement in critical thinking skill. FGD rsquo s results was obtained 6 themes that are adaptation process of PiKir 5D Model facilitation of PiKir 5D Model self awareness improvement of critical thinking improvement of knowledge, skill, and attitude improvement of self confidence. The conclusion of the study was the reflection can be used as self learning strategies by students to enhance their critical thinking skills. The researchers suggest that the institution of nursing education apply reflection as a strategy to improve students 39 critical thinking skills.

 File Digital: 1

Shelf
 T46938-Siti Lestari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T46938
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2017
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 112 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T46938 15-18-038759960 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20446478