ABSTRAK Global Competitiveness Index 2016 yang dirilis oleh World Economic Forum menunjukkan bahwaIndonesia mengalami penurunan peringkat dari segi pendidikan dasar dibandingkan dengan tahunsebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan tidak hanya penting bagi pengembangan diri individu,namun juga bagi daya saing bangsa. Sebagai bentuk alternatif bagi para siswa untuk mendapatkanpembelajaran tambahan selain dari sekolah, sebanyak lebih dari 14.000 institusi privat bermunculan diIndonesia. Mengikuti perkembangan era digital yang ada, Ruangguru.com hadir sebagai situs pendidikanberbasis teknologi pertama di Indonesia yang menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam belajar. Akantetapi, riset menunjukkan bahwa mayoritas responden mengaku tidak menggunakan Ruangguru.com karenafaktor ketidakpercayaan siswa dan orang tua. Sebagai suatu entitas bisnis yang baru, kepercayaan targetaudiens menjadi hal yang sangat penting untuk dibangun. Oleh karena itu, program Marketing PublicRelations (MPR) yang dipercaya dapat membantu perusahaan meningkatkan kepercayaan dari target audiensmelalui word-of-mouth dan media mention menjadi perlu untuk dilakukan. ABSTRACT Global Competitiveness Index 2016 released by the World Economic Forum indicates that Indonesia experienceda downgrade in terms of primary education compared to the previous year. This shows that education is not onlyimportant for the development of the individual, but also for the competitiveness of the nation. As an alternativeform for the students to gain additional learning apart from the school, a total of more than 14,000 privateinstitutions has sprung up in Indonesia. Following the development of the digital age, Ruangguru.com present asthe first technology-based education site in Indonesia that offers the ease and efficiency of learning.Unfortunately, research showed that the majority of respondents admitted to not using Ruangguru.com becauseof the distrust of students and their parents. As a new business entity, trust from the target audience becomes avery important thing to be built. Therefore, the Marketing Public Relations (MPR) programs which are believedto help the companies improve the trust of the target audience through word-of-mouth and media mentionbecomes a necessary thing to do. To achieve this, the MPR program is done through conventional media, specialevent, media relations activities, and digital campaigns that engage key opinion leaders. Such programs canachieve maximum results if conducted in a comprehensive monitoring and research on a regular basis to thetarget audiences. |