ABSTRAK Public relation PR adalah sebuah manajemen berkomunikasi antara sebuah organisasi dengan masyarakat di sekitarnya melalui aktivitas PR yang dilakukan. Pada dasarnya, aktivitas PR yang dilakukan adalah untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Salah satu aktivitas PR dalam berkomunikasi dengan sasaran publiknya adalah publikasi. Publikasi dilakukan agar organisasi yang bersangkutan dapat dikenal oleh khalayak sasarannya. Bioskop Bisik yang merupakan kegiatan membisikkan tuna netra membutuhkan publikasi untuk menarik relawan sebagai pembisik. Mengacu pada hal tersebut, PR diperlukan untuk merancang strategi public relation untuk meningkatkan efektivitas publikasi kegiatan Bioskop Bisik melalui kegiatan marketing public relation. Hal ini, pada akhirnya diharapkan dapat menarik khayalak sasaran menjadi relawan kegiatan Bioskop Bisik. ABSTRACT AbstractPublic relation PR is a management of communicating between organizations and the society around through the activites that the PR does. Basically, the PR 39 s activities are to reach the organization 39 s goals. One of PR 39 s activities in communicating with the target public is publication. Publication is done so that the organization involved can be known by the targeted public. Bioskop Bisik is an activity of whispering to the blind people who needs publication to attract volunteers as the people who whispers. For that reason, PR is needed to build public relation strategies to increase the effectivitity of publication for the activity of Bioskop Bisik through the marketing public relation activities. In the end, it is expected that the targeted public can be attracted as volunteers for the Bioskop Bisik activities. |