The purpose of this study is to examine the influence of the religious character education, supervisorauthority to cheat and the interaction of these factors toward unethical behavior of accountants infinancial reporting. This study used experiment approach i.e. 2x2 factorial between subjects. Theseresults reveal that when there is a superior authority to cheat, the subject will tend to cheat in makingfinancial statements (unethical). Furthermore, subjects who received religious character educationwill tend to behave ethically in making financial reports. The results also indicate that the religiouscharacter education has ability to mitigate the urge to do unethical wich arise from authority ofsuperiors to cheat factors.AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendidikan karakter keagamaan danotoritas atasan untuk berbuat curang serta interaksi dari kedua faktor tersebut terhadap perilaku tidaketis akuntan dalam pelaporan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen 2x2faktorial antar subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika terdapat otoritas atasan untukberbuat curang, maka subjek akan cenderung untuk curang dalam pembuatan laporan keuangan(berlaku tidak etis). Selanjutnya, subjek yang mendapatkan pendidikan karakter keagamaan akancenderung berperilaku etis dalam pembuatan laporan keuangan. Hasil penelitian juga menunjukkanbahwa pendidikan karakter keagamaan memiliki kemampuan untuk memitigasi adanya doronganuntuk berbuat tidak etis yang muncul dari faktor otoritas atasan untuk berbuat curang. |