The objectives of this research are to get knowledge about what contributions that higher educationcan provide to build students? ethical perception and awareness of fraud prevention. To achieve theseobjectives, the research was conducted toward accounting students at Yogyakarta State University.Data were collected using questionnaires distributed to 149 students. The analysis of the data usedpath analysis. Based on the result of the survey to the respondents, the research provides evidencethat higher education has a positive and significant influence to build students? ethical perceptionthrough internalizing objectivity and professional responsibility in the intermediate auditing course.In addition, it is also proven that accounting students who have high level of ethical perception areable to build awareness of fraud prevention.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang bisa diberikan pendidikan tinggi untukmembangun persepsi etis pada diri mahasiswa Akuntansi dan efeknya di kemudian hari terhadapkesadaran dalam mencegah fraud. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilaksanakan terhadapmahasiswa Akuntansi di Universitas Negeri Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket yangdisebarkan kepada 149 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Data kemudian dianalisis denganmenggunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan hasil survei atas pendapat mahasiswa, pendidikantinggi mampu memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap upaya menciptakan persepsietis mahasiswa Akuntansi dengan melalui internalisasi objektivitas dan tanggung jawab profesionaldalam perkuliahan Pengauditan. Selain itu, penelitian ini juga berhasil membuktikan bahwamahasiswa yang memiliki persepsi etis yang tinggi mampu membangun kesadaran untuk mencegahfraud. |