This study aims to analyze factors in the acceptance and success of theimplementation of SPAN for those who have direct access to it (licensedusers) at the Treasury Office (KPPN) using an integrated model. Thesamples are 160 licensed users in 15 KPPN in Central Java. Thetechnical analysis used in this research is Partial Least Square (PLS)using software SmartPLS version 3.2.3. Based on the result, it was foundthat social factors and facilitating conditions have positive andsignificant effects on user attitudes. In addition, user attitudes also havepositive and significant effects on user satisfaction. Meanwhile, othervariables, such as performance expectations, effort expectations,information quality and systems quality, have no effect on user attitudein using SPAN.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yangmempengaruhi penerimaan dan kesuksesan penerapan SPAN bagipara pengguna yang memiliki hak akses (licenced user) SPAN di KPPNdengan menggunakan model integrasi (integrated model).Pengambilan sampel menggunakan metode area sampling dengansampel yang terdiri dari licenced user pada KPPN lingkup JawaTengah (15 KPPN) sebanyak 160 responden. Teknis analisis yangdigunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan pengolahan datamenggunakan perangkat lunak SmartPLS Versi 3.2.3. Berdasarkanhasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh sosial dankondisi yang memfasilitasi, berpengaruh positif dan signifikanterhadap sikap pada penggunaan. Sikap pada penggunaan jugaberpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.Sedangkan variabel lain, meliputi ekspektasi kinerja, ekspektasiusaha, kualitas informasi, dan kualitas sistem tidak berpengaruhterhadap sikap pada penggunaan SPAN. |