Strategi bersaing melalui pendekatan resource based dalam mencapai keunggulan kompetitif : studi kasus pada PT. Merpati Nusantara Airline
Christina Endang Mirgayawati;
Sylvia W.D. Ikhsan, supervisor
([Publisher not identified]
, 2001)
|
ABSTRAK Persaingan dalam industri dewasa ini tidak dapat hanya melihat kesempatankesempatan yang ada diluar perusahaan tetapi perkembangan persaingan industri saat iniadalah persaingan menggunakan sumber daya-sumber daya yang dimiliki masing-masingperusahaan. Pandangan perusahaan yang menjalankan strategi dengan hanya melihatkesempatan yang ada diluar perusahaan sering disebut Market Based Strategy, sedangkanpandang yang menggunakan sumber daya perusahaan sebagai strategi menghadapi pesaingdisebut dengan Resource Based Strategy. Dengan pemikiran diatas maka tujuan utama penulisan karya akhir ini adalahmenganalisis sumber daya-sumber daya perusahaan penerbangan berjadwal domestikIndonesia, sebagai objek penelitian adalah PT. Merpati Nusantara Airline (PT. MNA), yangdapat digunakan sebagai keunggulan bersaing dalam industii penerbangan beijadwal diIndonesia. Agar diperoleh sumber daya perusahaaan yang dapat digunakan sebagai keunggulanbersaing maka analisis yang dilakukan penulis adalah dengan cara: 1. Analisis terhadap faktor eksternal dan internal yang paling berpenganih terhadapPT. MNA dan industri penerbangan beijadwal di Indonesia path saat ini2. Menganalisis strategi dan posisi PT. MNA dengan matrix TOWS yang merupakanhasil analisis IFAS (Internal Factor Anaysis Strategy), EFAS (External FactorAnaaysis Strategy), dan matrix SFAS (Strategic Factor Anaysis Summary). 3. Mencari kompetensi inti PT. MNA dengan konsep swriber daya-sumber daya yangdimiliki perusahaaan yang dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing dan rantainilai (value chain) industri penerbangan. Agar diperoleh hasil penelitian konsep saja tidak cukup, sehingga data-data yangakan dianalisis harus diperoleh sebagai kelengkapan analisis. Data yang dikumpulkanadalah data-data primer yang diperoleh dan internal perusahaan dan data hasil penyebarankuesioner terhadap konsumen industri penerbangan berjadwal yang mendukung penelitiankarya akhir ini. Dengan menggunakan konsep-konsep dan data-data yang dikumpulkan diatas,kemudian dianalisis, maka penulis mendapatkan strategi yang disarankan kepadaperusahaan berdasarkan hasil analisis terhadap lìngkungan dan sumber daya perusahaanyang berpengaruh terhadap industri penerbangan berjadwal di indonesia, untukmemperbaiki kinerja mencapai keunggulan bersaing maka strategi yang dapat digunakanadalah: - Penerbangan domestik Daya tarik merek (brand awareness) tinggi dimata konsumen sebagaiperusahaan penerbangan yang sudah lama beroperasi, dan adanya dukunganpemerintah sebagai salah satu perusahaan milik pemerintah menyebabkanperusahaan memiliki keunggulan dan dapat menghambat masuknya pendatang barudalam industri ini (Strategi ST dalam matrix TOWS). Sumber daya perusahaan yang dapat digunakan untuk mencapai keunggulanbersaing dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki oleh perusahan tersebutdiatas adalah strategi efisiensi operasional yang meliputi pemilihan penggunaanjenis pesawat agar pelanggan menyukai dan merasakan aman, pemilihan rute ? rutetertentu dalam tujuan meningkatkan daya saing evaluasi dan survey terhadapkonsumen serta dengan mengadakan kerjasama luas dengan agen dan penggunaanteknologi. - Penerbangan internasionalBerkembangnya perdagangan bebas dan sosial budaya akan memaksaperusahaan bersaing dengan perusahaan penerbangan domestik dan perusahaanpenerbangan asing lainnya. Agar perusahaan tetap bertahan dan bertumbuh dalamindustri ini maka perusahaan dalam operasinya hams mengurangi besarnya biayaoperasi (over budget) dan ketidaktepatan jadwal penerbangan agar perusahaanberoperasi secara efektif dan efisien dalam persaingan (Strategi WT dalam matrixTOWS). Strategi yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengambil peluangmemasuki pasar intemasional, dengan menggunakan sumber daya yang dimilikiperusahaan tetap meliputi pemilihan pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737,tetap melakukan analisis terhadap survey pelanggan meningat pelayanan adalahfaktor kritis didalam industri penerbangan dan sangat kompetitif di pasarinternasional. Menjalin hubungan dengan partner diperluas, hal ini sebagai carauntuk memperoleb akses terhadap pasar internasional. |
T4765-Christina Endang Mirgayawati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T4765 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 131 pages ; illustration : 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T4765 | 15-17-561840798 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20448848 |