:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Perancangan dies clip head dan hasil produksinya

Firmansyah Azharul; Sarjiono (Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi. Prodi Teknik Mesin, 2017)

 Abstrak

Untuk mempermudah dalam proses produksi dibuatkanlah alat bantu pemesinan yang merupakan komponen tambahan. Alat bantu ini dapat dibuat sendiri atau dibeli kepada pihak lain yang khusus menyediakan alat bantu tersebut. Alat bantu ini dipergunakan untuk tujuan tertentu bila satu mesin tidak mampu mengerjakan produk khusus yang diinginkan. Hal ini dikarenakan pihak pembuat mesin tidak mungkin menyediakan seluruh kebutuhan konsumen. Satu diantara mesin yang banyak membutuhkan alat bantu pemesinan adalah mesin End Forming. Alat bantu mesin end forming adalah Dies (dies potong, dies pembengkok, dies pelubang).
Dies memungkinkan prosuk dibuat secara massal dengan mampu mempertahankan bentuk dan ukuran agar tetap sama, sehingga proses produksi relatif singkat serta mampu meminimalisir keterlibatan manusia. Berbagai bentuk serta kapasitas dies potong dapat dibuat untuk tujuan tertentu. Dies Clip head light adalah satu contoh bentuk dies potong, dies tersebut biasanya digunakan untuk memotong material pelat dengan ketebalan hingga 1,5mm, dies Clip Head Light digunakan pada mesin end forming sebagai alat bantu, yang sebelumnya menggunakan dies progresif.
Kapasitas produksi pada saat menggunakan dies progresif 60,000 per hari masih relatif rendah dibandingkan dengan dies mesin end forming 75,000 per hari, hal tersebut dikarenakan dies progresif kurang efisien dibandingkan dengan end forming, juga lebih banyak menghasilkan scrap yang terbuang menjadi sisa produk, namun pada dies end forming diharapkan dapat meminimalkan terjadinya scrap dan harga dies-nya relatif lebih murah dibandingakn dengan dies progresif.

 Metadata

No. Panggil : 600 TEK 1:14 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi. Prodi Teknik Mesin, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20873336
Majalah/Jurnal : Teknosains: Jurnal sains, teknologi dan informatika
Volume : Vol. 1, No. 14, Januari 2017: Hal. : 9-54
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacerrier)
Akses Elektronik : www.sttmcileungi.ac.id
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
600 TEK 1:14 (2017) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20448875