:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi simulasi plasmonik nanopartikel agxAu1-x model bola menggunakan pendekatan mie

Miftahussurur Hamidi Putra; Dede Djuhana, supervisor; Cuk Imawan, examiner; Vivi Fauzia, examiner ([Publisher not identified] , 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Pada penelitian ini telah diamati sifat-sifat optik seperti hamburan, serapan, dan ekstinsi dari nanopartikel paduan perak dan emas (AgxAu1-x). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan simulasi numerik dengan menggunakan pendekatan Mie. Dalam simulasi ini, nanopartikel AgxAu1-x dimodelkan dalam bentuk bola dengan variasi komposisi paduan yang dinyatakan dalam fraksi mol Ag. Variasi fraksi mol Ag yang dilakukan adalah dari 0 hingga 1 dengan interval 0,2, dan variasi diameter nanopartikel AgxAu1-x adalah mulai dari 10 hingga 100 nm dengan interval 10 nm. Konstanta dielektrik logam emas dan perak yang digunakan dalam simulasi ini adalah data eksperimen yang dilakukan oleh Palik dan dipadukan dengan pendekatan linear. Indeks bias lingkungan yang digunakan adalah campuran dari air (n = 1,3334) dan gliserol (n = 1,4746) dan dihitung dengan menggunakan pendekatan Lorentz-Lorentz. Hasil yang didapatkan dari simulasi ini adalah nanopartikel AgxAu1-x memiliki sifat-sifat optis yang berbeda apabila dibandingakn dengan nanopartikel perak dan emas.

ABSTRACT
In this work, I had investigated the optical properties of silver and gold alloy nanoparticles (AgxAu1-x) such as scattering, absorption, extinction, and sensitivity by means of the numerical study using Mie approximation. The sphere model was applied for AgxAu1-x nanoparticles with respect to the alloy composition variation. I varied the composition of alloy composition in Ag mole fraction. The Ag mole fraction of AgxAu1-x were from 0 to 1 with the increment 0.2, and the diameter of AgxAu1-x nanoparticles were from 10 to 100 nm with the increment 10 nm. The dielectric constant of silver and gold used the experimental data form Palik and were alloyed by using linear approximation. The refractive index of the environment was formed by the mixture of the water (n = 1.3334) and the glycerol (n = 1.4746) and calculated using Lorentz-Lorentz approximation. Interestingly, I had found AgxAu1-x nanoparticles had different optical properties compared by silver and gold nanoparticles.

 File Digital: 1

Shelf
 S63953-Miftahussurur Hamidi Putra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S63953
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015
Program Studi :
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 46 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S63953 14-17-909606692 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20448960