Mewtode economic value added (EVA) atas perusahaan berbasis internet (perusahaan Dotcom) : studi kasus tentang Myohdotcom Indonesia Tbk
Ratna Novita;
Bambang Hermanto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2002)
|
ABSTRAK Menjelang era 2000-an adalah era euphoria bisnis dengan basis internetatau popular dengan bisnis dotcom. Bisnis ini diyakini memiliki tingkatpengembalian modal yang tinggi karena mampu menghasilkan laba denganmodal yang lebih kecil karena tidak memerlukan investasi peralatan atau aktivatetap yang tinggi sebagaimana perusahaan lainnya. Keunggulan lain yangdiproyeksikan saat itu adalah kemajuan teknologi yang memicu akselerasipermintaan produk dengan lebih cepat dan mudah. Hal ini memicu kenaikanharga saham perusahaan yang bergerak di bisnis dotcom dengan angka yangfantastis kala itu dan mendorong meningkatnya baik pembelian saham danmasuknya pelaku-pelaku baru di bisnis ini. Fenomena ini berlaku juga diIndonesia. Tetapi dalam waktu singkat menjelang awal tahun 2001, prediksigemerlapnya bisnis dotcom ini dipertanyakan kembali seiring dengan runtuhnyabeberapa perusahaan dotcom karena ternyata baik pertumbuhan permintaaanproduk, pemasukan iklan dan tingkat profitabilitas yang dihasilkan tidaklahsebesar yang dibayangkan semula. Akibatnya harga saham bisnis dotcom punmenurun menyusul pula penutupan beberapa perusahaan di bisnis ini dan PHKmassal para profesionalnya. Di Indonesia pun tak luput dari gejala buruk ini. Yang menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana sebenarnya menilaimasa depan bisnÃs tipe ini dengan penilaian yang seakurat mungkin mengingatdata historisnya nyaris tidak ada. Dan beberapa metode penilaian (valuation)yang diperkenalkan, metode Economic Value Added yang dipopulerkan SternStewart agaknya dapat mencoba menjawab permasalahan valuasi ini. Salah satutokohnya adalah Aswath Damodaran yang mencoba menghitung EVAperusahaan dotcom atau perusahaan berbasis teknologi tinggi dengan analisaperhitungan spreadsheet EVA sebagaimana dirnunculkan dalam bukunya DarkSide of Valuation. Damodaran mencoba melakukan penilaian dengan sampleperusahaan seperti Amazon.com, Ariba, dan lain-lain. Di Indonesia, penulis mencoba mengaplikasikan metoda yang dipakaioleh Damodaran ini pada perusahaan dotcom pertama yang go public yakni PTMyohdotcom Indonesia dalam bahasan karya akhir kali ini untuk melihatprediksi fluai perusahaan dotcom semacam ini. |
T4907 - RATNA NOVITA.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T4907 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | iv, 91 pages : illustration ; 23 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T4907 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20449127 |