ABSTRAK Teknologi End to End QoS (Quality of Services) adalah teknologi pemrioritasantrafik pada jaringan IP (Internet Protocol) dan solusi bagi permasalahan delayyang ditimbulkan oleh karakteristik jaringan IP. Dalam pengembangannya,dihasilkan fitur pemrioritasan terhadap layanan data, yaitu THP/ARP (TrafficHandling Priority/Allocation Retention Priority) dan dikontrol oleh perangkatPCRF (Policy and Charging Rule Function) untuk mekanisme pentarifan.PT. XL Axiata belum melihat teknologi End to End QoS sebagai faktor utamadalam mempertahankan kualitas jaringan dan solusi utama akan tren penurunanpertumbuhan pendapatan yang diakibatkan peralihan penggunaan layanankonvensional (SMS dan suara) menjadi layanan OTT (Over The Top). Hal initerlihat dari belum adanya perencanaan mekanisme perawatan teknologi End toEnd QoS dan belum dimanfaatkannya fitur THP/ARP pada produk PT. XL Axiatasaat ini. Padahal fitur THP/ARP bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnislayanan data PT. XL Axiata, dimana kontribusi layanan data masih kecil untukpendapatan PT. XL Axiata yaitu hanya sekitar 18%.Analisa strategi penerapan End to End QoS menggunakan teori manajemenstrategi, yang dilakukan dengan mengidenfikasi faktor terkait teknologi ini diinternal maupun eksternal, kemudian dipetakan menggunakan analisa SWOT(Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) dan QSPM (QuantitativeStrategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi utama dan pendukung.Berdasarkan hasil analisa SWOT, PT. XL Axiata berada di Kuadran I. MenurutPearce and Robinson (1998), perusahaan pada kuadran tersebut mempunyai posisistrategis yang baik dan disarankan menggunakan strategi progresif, artinya PT.XL Axiata dalam kondisi prima dan mantap, sehingga sangat dimungkinkan untukterus berekspansi, bertumbuh dan meraih kemajuan secara maksimal.Agar penerapan strategi progresif berjalan dengan baik, diperluka perawatanteknologi End to End QoS yang baik. Dari hasil analisa SWOT yangdikombinasikan dengan QSPM, didapatkan bahwa mekanisme perawatan berkalaberdasarkan kombinasi periode waktu tertentu atau pertumbuhan jaringanmendapatkan nilai yang lebih besar dibandingkan opsi tanpa perawatan danperawatan berdasarkan periode waktu atau pertumbuhan jaringan saja ABSTRACT Technology of End to End QoS (Quality of Services) is a traffic prioritizationtechnology in IP (Internet Protocol) -based network and the solution for delayproblem caused by IP network characteristics. In its development, THP/ARP(Traffic Handling Priority/Retention Priority Allocation) feature is used for dataservices prioritization and controlled by the PCRF (Policy and Charging RuleFunctin) for the pricing mechanism.PT. XL Axiata have not seen the End to End QoS technology as a key factor inmaintaining the network quality and the main solution for revenue growthdecreasing trend as result of displacement use of conventional services (SMS andvoice) into OTT (over The Top) services. This is evident from the lack of planingfor maintenance mechanism for End to End technology and THP/ARP featurehave not been exploited on the PT. XL Axiata's product. Though the THP/ARPfeature can be used to develop PT. XL Axiata data services business, while thecontribution of data services is only about 18% for revenue of PT. XL Axiata.Implementation strategy of End to End QoS analysis using strategy managementtheory, by identifying associated internal and external factors with the technology,then map it to SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) andQSPM (Quatitative Strategic Planning Matrix) analysis to determine primary andsupporting strategies.Based on the result of the SWOT analysis, PT. XL Axiata is in Quadrant I andaccording to Pearce and Robinson (1998), companies that are in the quadrant hasa good strategic position ans suggested using a progressive strategic, meaningPT. XL Axiata in prime conditio and steady, so it is possible to continue toexpand, growing, and achive the maximum progress.In order to make the progressive strategy implementation running well, it requiresgood maintenance of End to End QoS technology. The result of SWOT combinedwith QSPM analysis is the regular maintenance mechanism based on thecombination of a specific time period or network growth gain greater value thanno maintenance option, and maintenance options based on the time period only ornetwork growth only. |