:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penentuan strategi positioning alternatif merpati nusantara airlines melalui analisa persepsi dan perilaku

Welly Nailis; Adi Zakaria Afiff, supervisor ([Publisher not identified] , 2002)

 Abstrak

ABSTRAK
Industri penerbangan mempunyai keunikan tcrsendiri, kendati persaingan sedemikian
ketat bahkan kerap kali merugi, namun pelaku bisnis banyak yang menggandrunginya. Mereka
berbondong-bondong memasuki area bisnis tersebut. Kenapa? Jawabannya cukup klasik, daya
tark (attractiveness) industri penerbangan cukup besar dan menjanjikan. Dilihat dari market
size, industri penerbangan cukup menggiurkan, setiap tahun lebih dari 4 juta penumpang yang
terbang lewat udara suatu ukuran pasar yang cukup besar. Permintaan (demand) akan
angkutan udara masih memungkinkan meningkat di atas jumlah tersebut, tergantung pada
musimnya, apakah musim puncak (peak season) atau musim sepi (low season). Krisis
ekonomi yang melanda indonesia sejak tahun 1997 membawa pengaruh besar terhadap
industri jasa penerbangan di indonesia. Maskapai-maskapai penerbangan mengalami
penurunan performance karena tingginya production cost yang harus ditanggung. Namun
demikian, persaingan antar maskapai penerbangan yang terjadi di pasar terus marak baik
maskapai penerbangan yang telah eksis maupun maskapai-maskapai penerbangan baru.
Maskapai penerbangan yang sudah terkenal mengandalkan diferensiasi dalam teknologi yang
sudah mereka kuasai sebagai senjata untuk merebut pangsa pasar yang lebih besar. Sedangkan
pendatang-pendatang baru yang belum terkenal umumnya menerapkan strategi low cost
dengan memasang tarif murah dan diskon bagi jasanya untuk menarik konsumen.
PT Merpati Nusantara Airlines (PT MNA) sebagai salah satu maskapai penerbangan
di Indonesia tidak lepas dari persaingan yang semakin ketat tersebut. Sejak lepas dari
induknya PT Garuda Indonesia, Merpati berusaha berbenah diri dan membangun citra dunia
penerbangan di tanah air. Merpati berusaha memantapkan posisinya sebagai maskapai
penerbangan yang handal di Indonesia dengan melayani penerbangan sebanyak 111 rute
(perintis, domestik, dan internasional) dan 94 kota tujuan di seluruh nusantara. Dengan kondisi
persaingan yang sedemikian ketatnya saat ini, sangat penting bagi Merpati untuk mengetahui
dengan siapa ia berkompetisi bagaimana persepsi konsurnen terhadap produknya jika
dibandingkan dengan produk kompetitor dan strategi positioning apa yang pantas diterapkan
saat ini.
Sehubungan dengan itu, kemudian diadakan penelitian untuk melihat persepsi dan
perilaku konsunien terhadap atribut-atribut yang dimillki oleh masing-masing maskapai
penerbangan dan kinerja maskapai penerbangan tesebut dalam setiap atribut. Selanjutnya,
diharapkan akan ditemukan strategi positioning yang tepat bagi Merpati.
Mengingat banyaknya maskapai penerbangan yang ada di pasar industri jasa
penerbangan saat ini, maka penelitian hanya dibatasi pada 4 maskapai penerbangan yang
menduduku peringkat 3 besar brand equity tahun 2001, yaitu Garuda, Merpati, Bouraq, dan
Mandala.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah:
1. Mengetahui perilaku konsurnen pemakai jasa penerbangan di lndonesia
2. Mengetahui persepsi konsumen mengenai atribut-atribut yang penting dan keempat
maskapai penerbangan yang menjadi objek penelitian.
3. Menetapkan strategi positioning yang tepat bagi Merpati.
Riset pemasaran yang dilakukan diawali dengan exploratory research (kualitatif)
yang terdiri dari secondary data analysis dan hide vidual In-depth Interview, kemudian
dilanjutkan dengan descriptive research (kuantitatif). Mengingat adanya keterbatasan waktu
dan biaya, maka akses data primer dilakukan dengan cara self administered_drop off survey.
Sedangkan akses data sekunder dilakukan melalui Internet, perpustakaan dan kunjungan ke
Kantor Pusat Merpati Nusantara Airlines. Sampel ditetapkan sejumlah 150 orang dengan
metode purposive sampling. Hasil survey kemudian dianalisa dengan menggunakan metode
frekuensi distribusi cross lab analysis, analisis atribut, brand analysis untuk setiap atribut
dan hi-plot analysis.
Beberapa temuan yang didapat dari hasil penelitian antara lain:
+ Atribut keamanan dan kenyamanan pesawat adalah atribut terpenting di mata responden
+ Dua belas atribut yang ada dapat terwakili oieh 5 faktor/dimensi, yaitu dimeimi Inflight
Service, Flight Operational Comfortable, Pre and Post flight Servic, frequent flyer program, dan price/discount.
+ Maskapai penerbangan Garuda adalah maskapai penerbangan yang paling dominan.
Tiga metode analisa yang dilakukan, yaltu analisa kinerja merek dalam setiap atribut,
analisa model Fishbein dan analisa biplot menunjukkan bahwa Garuda memiliki kinerja
terbaik disemua atribut kecuali atribut harga.
+ Dengan melihat semua hasil analisa, maka Merpati sebaiknya memfokuskan strategi
positioningnya untuk membangun kedekatan asosiasi dengan atribut keamanan dan
kenyaman pesawat, ketepatan waktu, dan jadwal penerbangan karena merupakan atribut
terpenting di mata responden.
Beberapa saran yang dapat diberikan adalah : Tetap menjaga brand image yang telah
terbentuk dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan tetap melakukan kegiatan promosi dan
public relation Sebaiknya membentuk dan mengembangkan sebuah divisi atau unit khusus
yang bertugas melakukan berbagai kegiatan riset di pasar. Penulis juga menyarankan
positioning statement ?safe and comfort? untuk reposisi Merpati berdasarkan atribut
terpenting bagi konsurnen dan analisa yang dilakukan.
Dalam penelitian ¡ni juga terdapat beberapa kelemahan yang pada umumnya
ditimbulkan oleh adanya berbagai keterbatasan dari peneliti. Kelemahan-keIemahan tersebut
antara lain adalah metode sampling yang digunakan tidak memiliki tingkat kecakan yang
teruji, dan jumlah maskapai penerbangan yang diuji hanya sebanyak 4 maskapai penerbangan
saja, sehingga ada kemungkinan hasil yang diperoleh tidak bisa mewakili persepsi dan
perilaku semua konsumen jasa penerbangan di Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 T5110-Welly Nailis.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T5110
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 133 pages; illustration; 23 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T5110 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20449720