Analisis multiple regression terhadap penjualan produk-produk kayu dalam negeri pada PT Inhutani 1 Jakarta
Arsanto Narendro;
Satwiko Darmesto, supervisor
([Publisher not identified]
, 2000)
|
ABSTRAK PT. Inhutani I Administratur Industri Bekasi yang merupakan salah satuindustri dari PT Inhutani I dan didirikan pada tanggal 7 Desember 1979. Tujuandari didirikan industri ini adalah untuk memenuh anjuran pemerintah dalamrangka industrialisasi di bidang perkayuan untuk menciptakan integrated woodindustry, untuk menaikkan added value (nilal tambah) dari bahan baku kayu bulatmenjadi hasil industri olahan berupa: Daun Pintu, Kayu Gergajian, Finger JointStick (FIS), Dowel Kusen dimana mereka adalah jenis-jenis produk utama yangdiproduksi oleh PT. Inhutani 1. Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara(BIJMN ) tidak terlepas dari persaingan ketat dan para kompetitornya. Ketiga jenis produk yang diproduksi tersebut harus mampu bersaing dipasaran serta dapat memberikan keuntungan yang cukup bagus bagi perusahaankarena mereka adalah jenis produk utama yang diproduksi oleh PT, Inhutani 1.Apabila hal tersebut dapat dicapai berarti akan meningkatkan keuntungan/ labaperusahaan. Adapun permasalahan yang cukup mendasar dan dapat diindentifikasi diperusahaan tersebut adalah sebagai berikut: a. Perusahaan ingin mencari suatu metode analisis yang tepat untukmemprediksi/ memperkirakan penghasilan penjualan produk perusahaan yangdapat diperoleh di masa depan berdasarkan faktor-faktor dan lingkunganeksternal yang dianggap mempengaruhi penghasilan penjualan produktersebut. b. Perusahaan ingin mengetahui faktor-faktor Iingkungan eksternal apa saja yangbetul-betul mempengaruhi Penghasilan Penjualan produk-produk kayutersebut Untuk mengetahui faktor-faktor yang memiliki pengaruh yang cukup signifikanpada penghasilan penjualan produk kayu perusahaan dan memprediksipenghasilan penjualan produk perusahaan yang dapat diperoleh di masa depan.maka dípilih suatu metode analisa statistik yang dapat memenuhi keperluantersebut. Adapun metode analisa statistik yang dipilih ialah : Multiple RegressionModel atau persamaan model regresi dimana faktor-faktor yang diharapkanmemiliki pengaruh dan kontribusi secara signifikan terhadap PenghasilanPenjualan Produk diterjemahkan sebagai variabel-variabel independen sedangkanPenghasilan Penjualan Produk kayu ini sendiri ditejemahkan sebagai variabeldependen. Setelah melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutandengan penjualan produk kayu perusahaan maka diperoleh suatu keterangan/informasi bahwa penjualan produk-produk kayu tersebut lebih banyak terserapoleh Industri Perkayuan Furniture dalam negeri. Sedangkan kemungkinan adanyaproduk-produk kayu tersebut diserap oleb industri perumahan yaitu Real EstateIndonesia ( REI ) ternyata kecil sekali bahkan hampir tidak ada, hal inidisebabkan oleh jalur distribusi dari kerja sama yang kurang terjalin dengan balk.Berdasarkan hasil wawancara tersebut maka Industri Furniture dalam negeri danlndustri Paumahan (Real Estate indonesia) dijadikan sebagai variabel-variabelindependen dan diíkutsertakan kedaiam perhitungan model regresi dengan tujuanuntuk membuktikan kebenaran hasil wawancara dan pengaruhnya terhadapPenghasilan Penjualan Produk Kayu Perusahaan. Disamping kedua variabel independen yang telah disebutkan sebelumnya makadiikutsertakan beberapa variabel independen berupa indikator-indikator makroekonomi yaltu : Consumer Price Index (CPI), Indeks Harga perdagangan IndustriPerkayuan, dan Produk Domestik Bruto (GDP) yang dianggap turut memberikanpengaruh dan kontribusi terhadap Penghasilan Penjualan Produk KayuPerusahaan. Saran-saran yang diusulkan berdasarkan hasil model regressi yang dibuatadalah sebagai berikut: 1. Gunakan Multiple Regression model tersebut sebagai sebuah alat analisisyang dapat memberikan hasil analisa yang akurat untuk mendukung suatupengambilan keputusan karena memiliki beberapa keuntungan yang sangatbermanfaat antara lain: Dapat membantu pihak manajemen untuk menentukan bagaimana sesuatuyang telah diketahui dengan sesuatu yang belum diketahui dapat memilikihubungan keterkaitan yang erat. Hasil prediksi atau Forecast yang dihasilkan cukup meyakinkan bagi sipemakai karena dapat dibuktikan berdasarkan hubungan saling terkaitantara sesuatu yang telah diketahui dengan sesuatu yang belum diketahui. Pihak manajemen akan memiliki kcpercayaan yang cukup kuat dengankeputusan yang akan dibuat berdasarkan hasil kuantitatif dan modelregressi yang dibuat. 2. Pihak manajemen sebaiknya melakukan peningkatan kualitas produk-produkkayu yang diproduksinya agar produk-produk tersebut dapat diserap lebihbanyak oleh Pasar industri Perkayuan Furniture Indonesia yang diketahuimembenkan pengaruh / kontribusi yang cukup besar bagi PenghasilanPenjualan Produk Kayu Dalam Negeri. 3. Pihak manajemen sebaiknya membuka jalur distribusi dan jalinan kerja samadengan pihak REI ( Real Estate indonesia) agar dapat memasarkan produkproduk kayunya baik berupa produk kayu buiat maupun produk kayu olahan.Hal ini bertujuan agar Penghasilan Penjualan Produk Kayu dapat ditingkatkandan memperoleh keuntungan yang lebih besar. 4. Gunakan Multiple Regression Model untuk mendukung suatu pengambilankeputusan bagi pihak manajemen 5. Gunakan prediksi perolehan penjualan keseluruhan sebagai bahan acuanpenentuan target penjualan keseluruhan di masa depan. 6. Gunakan persamaan model regressi yang diperoleh sebagai suatu modelsimulasi (simulation model). 7. Dengan adanya model simulasi tersebut rnaka pihak manajemen dapatmemperkiraknrj Penghasilan Penjualan Produk Kayu Dalam negeri yang dapatdiperoich di masa depan. |
T5236-Arsanto Narendro.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 70 pages; illustration; 23 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-531835341 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20449851 |