Indonesia belum mempunyai kebijakan penyuluhan pencegahan kece-lakaan sepeda motor yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah menilai efek-tivitas penggunaan visual compact disk (VCD) dan leaflet terhadap pe-ningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa SLTA dalam pencegahankecelakaan sepeda motor di Kota Bekasi pada tahun 2010. Desain peneli-tian yang digunakan quasi experiment dengan rancangan equivalent pre-test and post-test with control group, dengan intervensi pemutaran VCD danpemberian leaflet. Sampel dihitung berdasarkan uji 2 proporsi, diperolehsampel minimal 211 untuk yang di intervensi dan 211 untuk kontrol. Merekadiambil dari siswa SLTA kelas I dan kelas II yang sering mengendarai sepe-da motor. Evaluasi hasil intervensi dilakukan setelah tiga bulan. Alatpengumpul data adalah kuesioner yang telah diuji coba. Analisis datamenggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji-t berpasangan dan uji-t inde-penden. Hasil penelitian menunjukan uji-t berpasangan pada kelompokyang di intervensi meningkatkan rerata skor pengetahuan, sikap, dan peri-laku siswa SLTAsebelum dibandingkan sesudah pemutaran VCD dan pem-berian leaflet bermakna (nilai p < 0,05), tetapi pada kelompok kontrol hanyaterjadi peningkatan rerata skor perilaku sebelum dibandingkan sesudahadanya perlakukan. Sedangkan, hasil uji-t independen menunjukan hanyapada rerata skor variabel pengetahuan terdapat perbedaan peningkatanskor antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol yang bermakna (ni-lai p < 0,05). Kesimpulannya, penyuluhan menggunakan VCD dan leafletdapat meningkatkan pengetahuan siswa SLTA dalam pencegahan kece-lakaan sepeda motor.Indonesia does not have a policy of promotion motorcycle accident pre-vention. The purpose of this study was to assess the effectiveness of theVisual Compact Disks and leaflets to increase in knowledge, attitudes andbehavior of the motorcycle accident prevention on high school students inBekasi City. The method used a non-randomized quasi experimental pre-test and post-test control group design. Samples are high school studentsas a intervention group and vocational high school students as a controlgroup in Bekasi in 2010. Three months after the intervention, conducted anevaluation to assess the increasing of knowledge, attitudes and behavior ofa motorcycle accident prevention. Data collection was a questionnaire thatwas tested. Analysis of the data using the Kolmogorov-Smirnov test, pairedt-test and independent t-test. The result of the study shows that the pairedt-test in the intervention group mean scores improve knowledge, attitudesand behavior of high school students before than after playback of VCDsand leaflets giving significant (p value < 0.05), but in the control group onlyincreased the mean behavior scores before than after the introduction oftreatment. While the results of the independent t-test showed only the meanscore difference variable increase in knowledge scores between the groupsin the intervention and control groups were significant (p value< 0.05). Toconclude, extension using VCD and leaflets can improve high school stu-dents? knowledge in the prevention of a motorbike accident. |