Riwayat pemberian Air Susu Ibu (ASI), karakteristik ibu dan anak serta po-la asuh berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui proporsi tingkat kecerdasan anak, riwayat pemberianASI, karakteristik ibu dan anak, serta faktor dominan yang berhubungandengan tingkat kecerdasan anak pada siswa SDSN Pekayon Jaya VI KotaBekasi. Penelitian kuantitatif dengan desain potong lintang dengan metodesystematic random sampling dengan jumlah sampel sebesar 166 respon-den (siswa/i yang berumur 7 _ 9 tahun) beserta ibunya. Penelitian ini dilak-sanakan pada bulan Mei 2013. Pada siswa dilakukan tes kecerdasanmenggunakan tes Raven sedangkan ibunya mengisi kuesioner. Hasilpenelitian menunjukkan tingkat kecerdasan rendah 6%, rata-rata 36,7%,dan tinggi 57,2%. Variabel yang berhubungan dengan kecerdasan adalahdurasi pemberian ASI dan pendidikan ibu. Pendidikan ibu adalah faktordominan terhadap kecerdasan, bahwa ibu yang berpendidikan tinggiberpeluang mempunyai anak dengan kecerdasan tinggi yaitu 3,556 kalilebih besar dibandingkan ibu berpendidikan rendah setelah dikontrol vari-abel durasi ASI. Untuk Dinas Pendidikan Kota Bekasi agar menyeleng-garakan berbagai aktivitas seperti seminar/pelatihan/konseling bagi orangtua murid tentang pentingnya peran orangtua terhadap tumbuh kembanganak.Breastfeeding history, mother and children characteristics, and child careare considered influential on child intellegence. This study aimed to deter-mine the proportion of exclusive breastfeeding, the level of childrens intel-legence, mother and children characteristics, the relationship between du-ration of breastfeeding with the level of students intellegence. This researchused a cross-sectional design and through systematic random samplingwith a sample size of 166 respondents (students aged 7 _ 9 years old) andtheir mothers. The intellegence was tested using the Raven test while theirPendidikan Ibu dan Durasi Pemberian Air Susu Ibudalam Peningkatan Kecerdasan Siswa Usia SekolahDasarMother Education and Breastfeeding Duration in Increasing ElementarySchool Students IntelligenceMaryam Said* Hadi Pratomo**mothers were interviewed. The results showed that the level of childrens in-tellegence was high (57.2%), average (36.7%), and low (6%). Those vari-ables which related to the intellegence level were duration of breastfeedingand the level of mothers education. The mothers education level is one ofthe factors which has higher effect, againts the childrens intellegence.Those mothers who have high level education will have probability 3,556 tohave their children with high level intellegence (after controlling the durationbreastfeeding). Suggestion; The Department of Education Bekasi city to or-ganize activities relevant to the improving of parents in growth and deve-lopment of their children through seminars/training/counseling. |