Pria telah mengikuti program keluarga berencana (KB) sejak dahulu.Metode pantang berkala dan kondom telah dikenal berabad-abad lalu,tetapi sejak ditemukan kontrasepsi wanita, program KB pada pria seakandiabaikan. Keikutsertaan pria dalam ber-KB masih sangat rendah jikadibandingkan dengan Bangladesh, Pakistan, dan Nepal. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis keikutsertaan pria dalam ber-KB meliputiketerpaparan media massa dan kontak informasi KB melalui media massa.Penelitian ini menggunakan data Survei Demografi dan KesehatanIndonesia (SDKI) tahun 2007 dengan pendekatan cross sectional terhadap6.013 pria menikah usia 15 ? 54 tahun. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan adalah two stage sampling. Analisis data menggunakan chisquare dan regresi logistik. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang ter-papar dengan media massa memiliki kecenderungan 2,12 kali lebih besaruntuk ber-KB daripada pria yang kurang terpapar dengan media massa.Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang kontak informasiKB melalui media massa memiliki kecenderungan 2,21 kali lebih besar un-tuk ber-KB daripada pria yang tidak kontak informasi KB melalui mediamassa. Penelitian ini menunjukkan pria memiliki kecenderungan terbesaruntuk ber-KB apabila pria terpapar media massa dan mendapatkan infor-masi KB melalui media massa dengan OR yang terbesar = 2,77.known centuries ago. Since contraception for women was found, men fami-ly planning program was likely ignored. The involving of men in family plan-ning in Indonesia is still lower than Bangladesh, Pakistan, and Nepal. Theobjective of this study is to analyze the credencial factor of men participa-tion in family planning through mass media exposure and contact informa-tion.This study used Indonesia Demografic and Health Survey (IDHS) 2007data used cross-sectional study and 6.013 married men aged 15 ? 54 yearsold as participants. Sampling method used is two stage sampling. Data wasanalyzed by chi square and logistic regression. The research showed thatmen who were exposed mass media 2,12 times more involved in familyplanning than men who were not exposed mass media and men who werecontact information in family planning through mass media 2,21 times moreparticipating in family planning than men who were not. The result showedthat men have the highest possibility to participate in family planning if ex-posed by mass media and contacted to family planning information throughmass media with biggest OR = 2,77. |