:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Tingkat ekstraksi optimal minyak bumi indonesia: aplikasi model optimasi dinamik / Alin Halimatussadiah, Budy P. Resosudarmo

Alin Halimatussadiah; Budy P. Resosudarmo ([Publisher not identified] , 2004)

 Abstrak

Indonesia merupakan salah satu negara dengan sumber daya mineral yang masih tergolong besar, diantaranya minyak. Minyak menjadi penting dalam perekonomian karena sektor ini memberi kontribusi yang masih cukup signifikan terhadap PDB, ekspor maupun pendapatan pemerintah. Selain itu, struktur energi primer Indonesia juga masih didominasi oleh minyak bumi.
Sebagai sumber daya yang dapat habis dan tidak terbarukan, eksploitasi minyak bumi saat ini mengandung opportunity cost di mana akan mengurangi ketersediaan minyak bumi untuk generasi mendatang. Sehingga, pertanyaan yang dapat muncul kemudian adalah: Apakah minyak bumi dieksploitasi terlalu cepat atau terlalu lambat?
Dengan menggunakan optimasi dinamik akan dilakukan simulasi yang menghasilkan alur ekstraksi (extraction path) yang optimal yang memaksimumkan nilai sekarang dan keuntungan netto akan extraksi minyak bumi. Hasil ini akan dibandingkan dengan tingkat produksi yang menggunakan perilaku ?business as usual?.
Kesimpulan yang didapat dan simulasi adalah dalam skenario optimal, cadangan akan lebih cepat habis dibandingkan skenario biasa (business as usual), walaupun profit yang didapat lebih tinggi. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam membandingkan hasil ini kemudian adalah penerimaan pemenintah, cadangan devisa dan kapasitas terpasang dan pengeboran minyak.

 Metadata

No. Panggil : PDF
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2004
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24069280
Majalah/Jurnal : Jurnal Ekonomi Pembangunan Indoneia (JEPI)
Volume : Vol 5, No 1 Juli 2004 11-34
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Akses Elektronik : http://jepi.fe.ui.ac.id/index.php/JEPI/article/view/98
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PDF 03-17-031616495 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20450487