Secara nasional, konsumsi garam beryodium cukup adalah 62,3% dan diProvinsi Jawa Barat adalah 58,3%. Cakupan konsumsi garam beryodiumtingkat rumah tangga di Kota Bekasi hanya sekitar 62,14%. Pemantauangaram beryodium di tingkat rumah tangga oleh Dinas Kesehatan KotaBekasi tahun 2004 menunjukkan bahwa garam yang mengandung yodiumcukup adalah 51%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis fak-tor demand dan supply terhadap konsumsi garam beryodium tingkat rumahtangga di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasidengan menggunakan desain cross sectional. Populasi yang diteliti yaitu110 orang ibu dengan menggunakan uji chi square. Pada faktor demand di-dapatkan hasil bahwa ada hubungan pengetahuan dengan konsumsi ga-ram beryodium tingkat rumah tangga. Namun, tidak ada hubungan antarapendapatan dengan konsumsi garam beryodium tingkat rumah tangga.Pada faktor supply didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara ke-tersediaan di pasar dan harga dengan konsumsi garam beryodium tingkatrumah tangga. Untuk meningkatkan cakupan konsumsi garam beryodiumtingkat rumah tangga diperlukan kerja sama dari berbagai pihak.Nasionaly, the consumption of iodized salt is 62,3% and in Province of WestJawa is 58,3%. The coverage consumption of iodezed in household levelin Bekasi city only about 62,14%. The monitoring iodezed salt in householdlevel by district health departemen in 2004 showed that the enough iodezedsalt is 51%.This research was conducted to determine the factor analysis ofdemand and supply of iodized salt consumption at household level in theDistrict of West Bekasi. This iodesed salt udy used cross sectional design.The population that was studied was 110 mothers using chi square test. Onthe demand factor, the result shows that there is a relationship betweenknowledge and the consumption of iodized salt at household level. How-ever, there is no relationship between the revenue and the consumption of iodized salt at household level. While in the supply factor, shows that thereis no relationship between availability and price in the market and the con-sumption of iodized salt at household level. To improve the coverage ofiodized salt consumption at household level, it is required cooperation fromvarious parties. |