Implikasi keputusan stratejik terhadap kinerja pemasaran : kiat PT. Supreme cable manufacturing company (sucaco) mempertahankan posisi sebagai market leader (1986-1991)
Pakpahan, Martinus; Hani Johanes Juliusandi;
Teddy Pawitra, supervisor
([Publisher not identified]
, 1993)
|
ABSTRAK Prasarana listrik dan telekomunikasi yang sangat kurang padaawal pemerintahan orde baru memacu Pemerintah untukmelakukan pembangunan pada sektor ini agar dapat menarikminat investor sekaligus meningkatkan kwalitas hidup rakyat.Prospek pembangunan tenaga listrik dan telekomuriikasimenarik minat investor dalam dan luar negeri untukmendirikan pabrik kabel di Indonesia. Bila pada awal tahun1970?an hanya 3 pabrik kabel, kini jumlah tersebut telahmeningkat menjadi 33 buah. Dengan semakin bertambahnyapesaing maka terasa semakin penting peran strateji untukbersaing.Sucaco dengan persentase penjualan tahun 1991 sebesar 33%kabel listrik dan 39% kabel telepon dan penjualan danpabrik kabel publik masih bertahan sebagai market leader.Strateji pertumbuhan yang dipilih manajemen Sucaco untukbersaing terdiri dari integrasi kehulu yang bertujuan untukmenjaga mutu produk melalui mutu bahan baku yang baik danmenjamin kontinuitas produksi, dan strateji pertumbuhanintensive yaitu pengembangan produk (product development)dan pengembangan pasar (market development).Kinerja pemasaran sebagai hasil strateji diatas tampak padameningkatnya penjualan kabel listrik dan kabel teleponselania tahuri 1986?].991 masing-niasing sebesar rata?rata 23%dan 208% per tahun, dan tingkat ROE tumbuh rata?rata24%/tahun. Akan tetapi tanpa disadani oleh manajemen pangsapasar Sucaco menurun dan 25% ditahun 1989 menjadi 23%ditahun 1991. Turunnya pangsa pasar berdampak pada rendahnyapertumbuhan ROI selama tahun 1989-1991 yang hanya sebesar2.1%.Penyebab dan turunnya pangsa pasar dan ROI tersebut adalahakibat dan pertentangan kepentingan dalam menetapkanpnionitas pertumbuhari, dirnaria dana hash exnisi saham ditahun1989 yang seharusnya untuk penluasan kapasitas produksitelah digunakan untuk membeli perusahaan pemasak bahan bakupiastik dan menambah penyertaan modal pada anak perusahaanyang nemperoduksi bahan baku alumunium. Akibatnya adalabilangnya kesempatan untuk nemanfaatkan momentum ðarimeningkatnya permìntaan kabel ditahun 1990 dan 1991. Sucacobaru melakukan investasi perluasan kapasitas setelah kembalimelakukan emisi saham ditahun 1991. Kesempatan ini ternyatatelab dipergunakan dengan baik oleh pesaingnya untukmeningkatkan pangsa pasar mereka.Penyebab lain dan tururinya pangsa pasar adalah akibatkebijaksanaan Tflanajemen yang konservatif didalam bìdangkeuangan, yaitu tidak mau melakukan pinjanan jangka panjanguntuk membiayai investasi. Perhitungan kazni, seandainyaperusahaan neminjam dana jangka panjang sebesar 35% danmodalnya, maka ini akan mendorong peningkatan penjualan yangdapat meinpertahankan pangsa pasarnya pada tingkat 25%Selain itu wewenang seksi pemasaran yang hanya merupakansatu seksi dan Departemen Komersiel kurang dapat berperandalam menentukan strateji perusahaan.Bila hal-hal ini tidak diperbaiki segera maka dalam jangkapanjang posisi Sucaco sebagai market leader akan terancam.Dengan demikian saran kami adalah:1. Manajemen harus menyusun suatu daf tar prionitas yangdipadukan dengan f aktor kunci sukses dalam mengambilkeputusan yang melibatkan pertentangan kepentinganstrateji.2. Manajemen harus lebih melonggarkan kebijaksanaannyadalam bidang keuangan, dengan membolehkan penggunaanPinjaman jangka panjang untuk investasi dimanakesempatan untuk tumbuh memungkinkan.3. Meningkatlan kedudukan seksi pemasaran menjadi suatudepartemen agar dapat lebih berperan dalam menentukanstrateji perusahaan secara proaktif. |
T5336-Martinus Pakpahan-Hani Johanes Juliusandi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1993 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | vii, 104 pages : illustration ; 23 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-296143611 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20450593 |