Evaluasi strategi pemasaran produk pelumas Pertamina
S. Bambang Pamudji; Del Ahmisar;
Budhi Sugarda, supervisor
([Publisher not identified]
, 1993)
|
ABSTRAK pertamina merupakan satu-satunya Badan Usaha Miliknegara yang dipercayai untuk menyediakan kebutuhan pelumasdalam negeri untuk itu disamping memproduksi sendiri jugamelaksanakan impor berbagai merek pelumas yang klasifikasinyabelum dapat dipenuhi. Dalam pengelolaan produk pelumas menggunakan anggaran yang terpisah dengan anggaran BBM, dalam halini pertamina senantiasa dituntut di satu pihak melaksanakanusaha secara profesional bussiness, namun di pihak lain jugaharus mengemban misi politis. Produk pelumas dibagi menjadi 4 linĂ¯ produk yakni pelumas Lokal, ABRI, Impor serta Penerbangan, dan dikemas baikdalam drum maupun kaleng. Produk ini dipasarkan dengan menggunakan strategi pemasaran sebagai berikut : 1. Strategi harga Harga jual merupakan keputusan pemerintah atas usulandari Pertamina. Penjualan kepada dealer dirangsangdengan sistem rabat/bonus. 2. Strategi Distribusi Dalam mendistribusikan produk digunakan 8 unit pemasaran yang tersebar diseluruh Indonesia. Dan setiapunit tersebut didistribusikan ke cabang , agen maupundealer. Pendistrjbusjan ini perusahaan ditutt untukmemenuhi kebutuhan procluk pelurnas ke seluruh wilayahIndonesia tanpa keculai. 3. Strategi Promosi. Berbagai peralatan yang digunakan untuk menunjangstrategi ini adalah Iklan, Sales promotion, Personalselling, dan Publisjtas. Dan ke empat bauran promosi tersebut pertamina lebih inemprioritaskan padasales promotion. 4. Strategi Produk Produk pelumas diklasifikasikan menjadi 4 lini produk, dan dilekatkan pula bauran produk yang meliputiatribut, merek serta label. Sehubungan dengan realisasi penjualan produk pelumasmerupakan turunan dan omset penjualan BEM yakni berkisar 1.5hingga 2 prosen, naka besarnya anggaran biaya promosi Jugabanyak mengacu pada besarnya hasil penjualan kenaikan BBM.Pada hal kenyataannya lajunya kenaikan penjualan produkpelumas tidak sebanding dengan kenaikan realisasi penjualanBBM. Berbagai skenanio yang menimbulkan kondisi tersebutadalah efektivitas dan strategi pemasaran yang ada saat ini. Guna mencapai target penjualan produk pelumas sesuaidengan perencanaannya diperlukan berbagai penyempurnaan/perbaikan atas implementasi strategi pemasaran tentang : - Peninjauan ulang sistem rabat/bonus yang diperlakukansaat ini. - Perlu diadakan evaluasi yang kritis terhadap penggunaan dana promo meliputi efektivitas komposisibauran promosi yang ada. - Meningkatkan ketahanan daya saing (kompetisi) baikdari segi mutu maupun effisiensi internal termasukmemerangi kehadiran produk pelumas illegal. Karena prospek akan pasar produk ini masih terbuka cukupLebar, selain harus menghadapi berbagai pasaing produk imporyang diatas kertas lebih unggul dalam mutu produk, makastrategi concentric diversification adalah jauh lebih tepatsebagai pokok strategi induk perusahaan. |
T5337-M Baskoro Palwo N.pdf :: Unduh
T5339-S Bambang Pamudji J.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T5337 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1993 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | viii, 108 pages : illustration ; 23 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T5337 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20450726 |