Analisa model pentarifan LTE dengan pendekatan kategorisasi kualitas layanan = Analysis of LTE pricing model with categorization approach quality of service / Ahmad Darmawan Sidik
Ahmad Darmawan Sidik;
Gunawan Wibisono, supervisor; Dadang Gunawan, examiner; Muhammad Suryanegara, examiner; Arifin Djauhari, examiner
([Publisher not identified]
, 2015)
|
ABSTRAK Implementasi LTE yang menjanjikan dapat memberikan layanan dengankecepatan yang lebih baik dari pada teknologi sebelumnya, menuntutpenyelenggara untuk lebih memperhatikan kualitas layanan. Pelangganmenginginkan adanya jaminan kualitas layanan agar aplikasi yang digunakandapat berjalan dengan baik. Disisi lain penyelenggara membutuhkan pendapatanyang tidak sedikit agar dapat mengembangkan jaringannya dengan kualitas yangbaik. Tarif mempunyai peran yang penting untuk mengoptimalkan pendapatanpenyelenggara dan mengelola sumber daya jaringan. Penyelenggara perlu strategipentarifan agar memperoleh pendapatan yang mencukupi untuk biayapenyelenggaraan, dan pelanggan mendapatkan kualitas layanan yang baik sesuaikebutuhan. Model pentarifan dengan pendekatan kualitas layanan akanmemberikan manfaat bagi penyelenggara dan pelanggan. Model pentarifandibangun dengan memperhatikan biaya elemen jaringan dan biaya aktivitaslayanan retail yang dikeluarkan oleh penyelenggara, serta pembagian kategoripelanggan berdasarkan QCI (QoS Class Identifier) yang terdapat pada sistemLTE. Diharapkan dengan model pentarifan tersebut dapat digunakan menjadidasar dalam strategi pentarifan bagi penyelenggara dan sebagai masukan dalampengambilan keputusan bagi penyelenggara dan masyarakat. ABSTRACT Implementation of LTE that promises to provide services at a better speed thanthe previous technology, requires operators to pay more attention to quality ofservice. Users want the guarantee of quality of service in order to useapplications that can run well. On the other hand the operators require revenue inorder to develop its network with good quality. Pricing have an important role tooptimize operator?s revenue and manage network resources. The operators needthe pricing strategy in order to get enough revenue to costs, and users get goodquality of service as needed. Pricing models with approach the quality of servicewill provide benefits for the operators and users. The pricing models are builtwith attention to the network elements cost and retail services activity costincurred by the operators, as well as the distribution of categories of customersbased on QCI (QoS Class Identifier) in the LTE system. The pricing model can beused as pricing strategy for the operators and as an input in the decision makingfor operators and the public. |
T47148-Ahmad Darmawan Sidik.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T47148 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 77 pages : illustration ; 28 cm + appendix, |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T47148 | 15-18-435793207 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20450829 |