Strategi perusahaan dalam upaya turnaround PT Mitra Indonesia
Hardanti Primastuti; Subiantoro;
Sofjan Assauri, supervisor; Subiantoro
([Publisher not identified]
, 1992)
|
ABSTRAK Karya akhir ini berisi Strategi perusahaan dalam upayaturnaround PT Mitra Indonesia. Perusahaan ini bergerak dalamindustri bearinq, khususnya ball bearing. Produk bearing digunakan untuk industri, kendaraan bermotor rodadua dan roda empat, lndustri alat alat berat, mesin industritenun dan teks dan pabrik kertas sebagai bantalan mesin. Lokasi pabrik terletak di .Jawa Timur, dengan kapasitas pabrik19.500.000 unit per tahun untuk berbagai spesifikasi/ ukuranbearing. Panqsa pasar perusahaan saat ini masih rendah, akantetapi dengan memperhatikan pertumbuhan industri pendorongnya(drive demand) dapat disimpulkan bahwa potensi pertumbuhanpermintaan/ pasar cukup besar bagi produk ini pada waktu yangakan datanq. Perusahaan ini sampai saat ini masih memerlukan perbaikanoperasional melalui penetapan strategi yang tepat. Adapunstrategi yang seharusnya di lakukakan adalah memusatkan datapeninqkatan kemampuan pemasaran dan penjualan, dan peningkatanpengetahuan produk dan para wira jual. Dalam rangka melaksanakan strategi meningkatkan kemampuanpemasaran dan penjualan untuk mencapai target penjualan danpenetrasi pasar, perusahaan seharusnya : a. Mengangkat marketing manager yang berpenqalaman, yang mampumemimpin dan mengarahkan pertumbuhan perusahaan. b. MeIaniutkar program pelatihan bagi para manager dalam bidangpemasaran, teknk, dan manajemen umum. c. Gunakan Seluruh hubungan hubungan yang ada dengan , industripendorong permintaan untuk menembus pasar original equipmentmarket (OEM). d. Rencanakan dan implementasikan suatu program discount secaraseiektif untuk memperoleh pelanggan pelanggan baru. e. Pelihara hubungan baik dengan distributor, berikan bonusbonus tertentu baqi distributor yang berhasil mencapaitargetnya. KeberhasiIan implementasi dan Drogram turnaroundtersebut memerlukan kerja sama dari para pemegang saham,manajemen perusahaan dan seluruh sumber daya manusia perusahaan,sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Dan perlunya suatupola monitoring yang konsisten dan terarah, sebab pemantauan danpengendalian turnaround merupakan suatu upaya yang palingefektif dan penting yang seharusnya dilakukan dalam pelaksanaanrekomendasí. KonSepsi pemantauan yang meliputi penentuan targetdan melacak (?tracking?) realisasi prestasinya, merupakan suatualat manajemen yang baik dan akan membantu perusahaan untukmelaksanakan praktek. manajemen dengan lebih baik dan lebihterarah. Dengan diIakukannya pelacakan (?tracking?) secaraperiodik (bulanan) dengan cara membandingkan antara realisasidengan target yang telah ditetapkan, akan membawa dampak yangpositip dalam mekanisme pencapaian sasaran perusahaan. Tindakan pemantauan dan pengendalian (atau lebih tegasdan tajam bila disebut tindakan pelacakan/trackinq) meliputi :penentuan tarqet melakukan pemantauan bulanan denganmembandinqkan realisasi dengan target yang telah ditetapkan,menemukan sebab-sebab terjadinya penyimpangan dari rencana danmenqambil tindakan untuk mengatasi setiap kesulitan danpenyimpangan. Setiap informasi yang bermanfaat mengenai perubahan atau penyimpangan dari target harus dicatat. Manfaat utama dari pemantauan yang dilakukan secara konsisten dan terar adalah adanya rangsangan bagi manajemen untuk mencapai target, petunjuk bagi manajemen atas kinerja dan masalah-masalah yang timbul, peringatan dini bagi manajemen untuk segera melakukan koreksi sebelum penyimpangan yang lebih besar (sebagai alat ?early warning signal?). Selanjutnya pelaksanaan pemantauan dan pengendalian secara terus menerus dan menganalisis/mendiagnosis sebab sebab terjadinya penyimpangan serta merumuskan rekomendasi lanjutan merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan dalam keberhasilan strategi perusahaan dalam upaya turnaround. |
T5390-Hardanti Primastuti.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1992 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 132 pages : illustration ; 23 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-085054061 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20450859 |