:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Manajemen resiko valuta asing: sebuah analisis PT XYZ

Bonifacius Prasetyo; Arman Hendiyanto, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Pasar uang dunia semakin marak sejak runtuhnya sistem mata uang tetap, Bretton Woods di tahun 1973 menjacii sistem nilai tukar mengambang. Imphkasí logis dan sistem nilai tukar ¡ni adalah semakin berfluktuasinya nilai tukar dunia. Nilai tukar atau kurs didefinisikan sebagai harga relatif dua mata uang yang berbeda.
Fluktuasi nilal tukar berlangsung sepanjang waktu sehingga akan berdampak pada exposure keuangan sebuah perusahaan yang beroperasi secara internasional. Exposure ini meliputi accounting/translation exposure yang berasal dari ?penterjemahan? atau translasi mata uang asing dalam mata uang domestik untuk kebutuhan penyajian laporan keuangan, transaction exposure yang berasal dan transaksi yang dilakukan dalam dua mata uang yang berbeda dan economic exposure yang melihat nilai tukar dan sisi riilnya: melihat daya saing sebuah negara atau perusahaan di dalam meproduksi barang dan atau jasa tersebut. Resiko kurs akan muricul dalam wujud dua karakteristik terakhir exposure tersebut.
Dihadapkan pada resiko kurs. yang akan mempengaruhi arus kas dan pada giliranflya akan mempengaftihi kinerja keuangafl perusahaafl secara keseluruhan, seorang pimpinan perusahaafl harus mampu untuk mengidentifikasi, mengukur dan kemudian mengelola resiko kurs tersebut. Pengelolaafl resiko berbentuk tindakan hedging melalui transaksi pada pasar fo,ward, pasar uarig dan/atau Options.
PT XYZ di dalam operasinya menghadapi resiko kurs yang meliputi transaction exposure dan economic exposure. Transaction exposure tersebut dapat diatasi melalui transaksí menjual dollar AS forward dan/atau melakukan pinjam-meminjam di pasar uang dan sekaligus menjual dollar AS forward dan/atau menjual dollar AS CaIl/Rupiah Put di pasar Options. Hedging yang merupakan sebuah proses mengelola resiko akan baik jika ?biaya? (cost of hedging) tersebut dapat menutupi kegunaafl (benefit) dan resiko yang mungkin timbul.
Resiko yang berasal dari economic exposure diatasi dengan kebijakan yang berorientasi pada pemasaran yaitu kebijakan harga, pilihan pasar dan promosi serta yang berorientasi pada proses produksi yaitu efisiensi.
PT XYZ juga menghadaPi resiko non kurs yaltu turunflYa harga juaf produknya di pasar dunia. Resiko ini dapat dikelola melalul transaksi di pasar komoditi Future.

 File Digital: 1

Shelf
 T5859-Bonifacius Prasetyo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 89 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-826735453 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20451594