Analisa dan perencanaan strategi bersaing dalam menghadapi perubahan lingkungan : studi kasus pada PT. Jaya Obayashi / Batara Purba
Purba, Batara;
Heru Sutojo, supervisor
(Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000)
|
ABSTRAK Salah satu sektor yang paling menderita akibat krisis ekonomi yang berkepanjanganyang melanda indonesia adalah Jasa Konstruksi. Banyak kontraktor yang tidak kuatmenghadapinYa, terpaksa menutup usahanya. Penyebabnya adalah mrnminya julTilah proyekyang bisa dikeijakan,. yang akhirnya berakibat pula kepada likuiditas kontraktor tersebut. Tersendatnya binis properti, industri manufaktur dan infrastxukstur berdampaklangsung kepada sektor jasa konstruksi ini. PT. Jaya Obayashi, salah satu kontraktor besar di Indonesia yang meriipakan JointVenture antara PT. Pembangunan Jaya dengan Obayashi Corporation, juga mengalamipenurunan revenue / pendapatan yang cukup signifikan yang dapat mengancam likuiditasperusahaan. Keberadaan selama 28 tahun di Indonesia, dengan pengalaman yang begitu litasdalam membangun berbagai macam bangunan, ternyata tidak bisa menolong banyak, karenapenurunan yang ten adj mengakibatkan revenue / pendapatan banya mencapai 30-40% dankeadan normal. Dalam penulisan Karya Akhir ini, akan digunakan proses manajemen strategi dalamperumusan strategi perusahaan menghadapi kondisi ini, serta persiapan mengbadapi masayang akan datang. Dimulai dengan menganalisa lingkungan, baik Lingkungan Eksternal maupunInternal, Analisa Pelanggan, Pesaing, Kineirja Perusahaan yang akhirnya dapat merumuskansuatu strategi bersaing yang tepat bagi PT. Jaya Obayashi. Analisa persaingan Kontraktordilakukan di antara para Kontraktor Jepang pada proyek-proyek investasi Jepang. Hal inidilakukan mengingat selama beroperaSi di Indonesia mayoritas proyek PT. Jaya Obayashiberasal dan investor Jepang dan sebagai pesaing utama adalah kontraktor kontraktor JepangKarena persaingan di antara kontraktor tersebut sudah sangat ketat, maka strategidibagi berdasarkan jangka waktu penerapannya: - Jangka Pendek (2000 ? 2001) - Jangka Menengah (sampai 5 tahun ke depan) - Jangka Panjang (>5 tahun ke dcpan) Berdasarkan analisa dan kajian yang dilakukan, maka strategi yang dipilih da1ah:- Strategi Turn Around (untukjangka pendek) - Perumusan Ulang Target Market - PerbaĆkan kinerja masing-masing bagian fungsional |
T5891-Batara Purba (blm olah dan unggah).pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T5891 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 95 pages : illustration ; 23 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T5891 | 15-19-608163158 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20451644 |