Analisis kepuasan konsumen : studi kasus : perumahan pesona Khayangan Estat
Diah Pratiwi;
Budhi Sugarda, supervisor
([Publisher not identified]
, 2000)
|
ABSTRAK Gejolak suatu ekonomi di Indonesia berdampak parah pada sektor rilltermasuk binis real etate. Penurunan nilai properti di Indonesia sebesar . 60.2 % ,merupakan yang tertingi di kawasan Asía laínnya Adanya kebijakan tentang pelaranganbank umum untuk memberikan kredit kepada pengembang dan membeli/menjamin suratberharga yang dikeluarkan pengembang untuk pengadaan atau pengolahan tanah, kecualidalam rangka pembangunan RSS mengakibatkan pihak yang sangat merasakan dampaknyaadalah pengembang perumahan menengah ke atas.Upaya yang dilakukan oleh pengembang real estate untuk memperoleh alirandana dengan menawarkan berbagai strategi pemasaran seperti penurunan harga jual,pemberian discount, hadiah, insentif pembayaran atau penjualan aset serta rasionalisasikaryawan hanya hersifat sementara dan jika tidak diikuti oleh perbaikan ekonomi makakebangkrutan pengembang tidak akan terbendung lagi. Hal-hal diatas tidak terjadi pada pengembang perumahan Pesona KhayanganEstat. Perumahan Pesona Khayangan Estat melalui pengembang PT Pedoman Tata Banguntelah menerapkan strategi pemasaran secara tepat sehingga unggul dalam persaingan danmampu bertahan bahkan mengembangkan areal pembangunannya dalam situasi krsissekarang ini.Keberhasilan strategi pemasaran dapat dilihat dari tingkat kepuasankonsumennya. Penelitian ini akan mempelajan kepuasan konsumen perumahan PesonaKhayangan Estate dengan cara membandingkan ekspektasi dan persepsi konsumen ,sehingga diperoleh gambaran mengenai keberhasiIan strategi pemasaran perumahan ini.Penelitian menggunakan metode self administered survey dengan sistem dropoff survey terhadap 30 responden yang dipilih secara acak .Partisipan merupakan konsumenyang terdiri atas pemilik sekaligus penghuni perumahan Pesona Khayangan Estat. Analisamenggunakan teknik distribusi frekuensi dan dipresentasikan dalam importance-performancematriks.Hasil penelitian menemukan bahwa (a) Secara umum perumahan PesonaKhayangan Estat dinilai memiliki kepuasan konsumen yang cukup baik, karena terdapatkesesualan antara ekspektasi dan persepsí terhadap atribut yang dianggap penting dalammembeli rumah, yakni keamanan, lingkungan, lokas, aksesibil Etas dan kualitas (b) Kepuasankonsumen dapat dilihat dan tingginya keinginan melakukan pengulangan pembelian danpositive word of mouth. (c) Komitmen pengembang untuk memenuhi konsep yang telahdijualnya dengan menekankan pada kineia sesuai dengan kemampuan yang ada, mampumengembangkan perusahaan dan menyesuaikan din terhadap perubahan yang terjadi (e)Atribut yang penting dan dinilai memiliki kinerja kurang balk seperti tersedianya sarana danprasarana serta promosi yang informatif perlu diprioritaskan untuk segera diperbaiki . Hal inimenjadi penting karena rumah merupakan produk yang memerlukan tingkat keterlibatancukup tinggi dalam bertransaksi sehingga calon konsumen memerlukan kelengkapaninformasi mengenai produk yang akan dibelinya. |
T5940-Diah Pratiwi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 80 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-877816996 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20451890 |