ABSTRAK PENDAHULUAN Promosi merupakan salah sam elemen penting dalam bauran pemasaran yangmerupakan alat untuk meinberitahu inasyarakat mengenai produk-produk/jasa sertamembujuk pembeli/konsumen. Strategi terintegrasi dalam menggabungkan komponenkomponen promosi, diperlukan untuk berkomunikasi dengan konsumen dan pihak lain yangmempengaruhi keputusan pembeliam Salah sam komponen di dalam bauran promosi adalahiklan. MASALAH YANG DIHADAPI Persepsi tentang ildan dan periklanan di kalangan masyarakat masih merupakanfenomena kontroversi. Ikian sering dianggap sebagai bentuk komunikasi menyesatkan, karenainformasi yang disampaikan cenderung mengandung distorsi tentang kebenaran isinya.Dalarn studi ini dipelajari sejauh manakah penn dan wanfaat ikian diterirna oleh segenaplapisan masyarakat, terutama di Indonesia sebagai produk informasi yang memberikan theright to choose? KONSEP ADVERTISING THE RIGHT TO CHOOSE International Advertising Ascociation (IAA) memiliki konsep Advertísing the Right toChoose, dengan misi untuk mempromosikan dan melindungi kebebasan komunikasikomersial sebagai alat pokok mendistribusikan informasi dasar tentang jasa kepada konsumen. Artinya, yang diberikan oleh iklan di atas segala kelebihan mengenaiproduk/jasa adalah menyajikan kebebasan memilik. Memilih sudah menjadi suatu hak yangtidak dapat diganggu gugat, suatu hak intelektual - suatu yang sangat mendasar- suatu yangdimiliki sejak manusia dilahirkan. TEMUAN-TEMUAN PENTING Menjawab masalah yang ada, telah dilakukan penelitian dengan penyebaian kuesionermengenai konsep Advertising the Right to Choose, di 5 wilayah Jakarta yang melibatkankonsumen, pengusaha, biro ikian. media massa, YLKI dan Pemda DIG.Hasil penelitian di Jakarta, menunjukkan adanya kecenderungan pernahamful dengantemuan-temuan penting berikut: 1. Iklan memainkan peranan ekonomi yang sangat penting dalam kehidupanmasyarakat. Konsumen haruslah mendapatkan cukup informasi dan kebebasanuntuk membuat piiban yang cerdik, sehingga mereka tidak akan memilihproduk/jasa atau perusahaan secara membabi buta dan tidak ekonomis. 2. Iklan membantu meningkatkan muta dan barang/jasa dengan menyemarakkanpersaingan. Pem asar menggunakan saluran komunïkasi melalui ikian untukmenyampaikan informasi dan menyodorkan a matif-alternatif, inovasi dankemajuan-kemajuan, tanpa iklan keuntungan perdagangan tidak akan terjadiseperti diharapkan. 3. Tanpa iklan, media massa (cetak, elektronik dan luar ruang) akan menjadi sangatmahal atau tidak dapat menyajikan keanekaraganian yang luas. Iklan, membantukonsumen mendapatkan media massa yang ekonomis. 4. Demikian juga, apabila sebuah produk secan legal boleh dijual, berarti secanlegal pula dapat diiklankan. STRATEGI PENYEBARLUASAN ADVERTISING THE RIGHT TO CHOOSE Hasil penelitian Jakarta berdasarkan usulan-usulan yang disampaikan semuakelompok responden, memberi kan identifikasi adanya persyaratan menginformasikankejujuran dan kebenaran, sehingga pemahaman peran iklan benar-benar bisa dipakaisebagai penegakan Hak Memilih, atau konsep ini hanya menjadi lip service saja. Penyebarluasan Hak Memilih melalui Iklan - yang jujur dan benar- , membutuhkankampanye sosial tentang kejujuran dan kebenaran (termasuk di bidang politik, hukum,ekonomi, sosial dan budaya) melalui ikian, menggunakan sarana media massa untukmencapai sasaran luas, melalui strategi pemasaran sosial. |