Strategi percakapan dalam jual beli tradisional Bahasa Jawa dialek Banyumas = Conversation strategies in traditional selling and buying in Banyumas Dialect Javanese Language
Chusni Hadiati;
Muhadjir, promotor; F.X. Rahyono, 1956-, co-promotor; Setiawati Darmojuwono, examiner
([Publisher not identified]
, 2016)
|
ABSTRAK Penelitian mengenai strategi percakapan dalam jual beli tradisional dalam dialek Banyumasini merupakan penelitian pragmatik yang berfokus pada analisis percakapan. Penelitian inibertujuan untuk merekonstruksi strategi percakapan jual beli tradisional dalam dialekBanyumas dan menemukan faktor-faktor yang berpengaruh dalam keputusan pembeliankonsumen. Tuturan yang diujarkan oleh penutur merepresentasikan apa yang ada dalambenak mereka. Strategi percakapan dalam penelitian ini meliputi, kondisi kesahihan tuturan,strategi bertutur dan strategi kesantunan. Keputusan konsumen dipengaruhi oleh faktoreksternal dan faktor internal yang direalisasikan melalui tuturan dalam percakapan jual beli.Data penelitian diperoleh dari percakapan jual beli di pasar tradisional. Penyajian datadilakukan dengan menggunakan mikro dan makro struktur. Analisis data dilakukan denganmetode padan pragmatis. Satuan analisis dalam penelitian ini adalah tuturan. Kondisikesahihan tuturan dapat dilihat dari konteks tuturan. Pada realisasinya, konteks tuturan dapatdilihat sebagai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembelian. Faktor eksternal ataubauran pemasaran adalah faktor-faktor di luar individu yang berpengaruh terhadap keputusanpembelian. Faktor internal atau black box model yang terjadi dalam benak individumerupakan faktor dalam diri individu yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian.Faktor eksternal dan faktor internal itu direalisasikan ke dalam tuturan individu dalampercakapan jual beli tradisional. Bahasa dalam percakapan jual beli tradional memiliki tigafungsi, yaitu fungsi referensial, fungsi afektif, dan fungsi fatis. Penelitian lebih lanjut dapatdilakukan untuk membuktikan fungsi bahasa dalam percakapan jual beli tradisional dalambahasa Jawa dialek Banyumas ABSTRACT The research on conversation strategies in traditional selling and buying in Banyumas dialectis a pragmatic research focuses on conversation analysis. It aims to reconstruct theconversation strategies in traditional selling and buying in Banyumas dialect and to find outthe factors affecting consumers? behavior. Utterances used in traditional selling and buyingconversation relfect speakers? mind. The conversation strategies include the felicitycondition, the speech strategies, and the politeness strategies. Consumers? behavior isaffected by external and internal factors. Data is gathered from traditional selling and buyingconversations in traditional markets. This qualitative research uses micro and macro structureto display data and uses pragmatic identity method in analysis. The unit of analysis of thisresearch is speech or utterance. Felicity condition of each utterance can be seen from thecontext. Context is considered as factors affecting consumers? behavior. External factors ormarketing mix are factors outside the consumers which affects the consumers? decisionwhether or not to buy the goods. On the other hand, internal factors or the black box modelare factors inside the consumers affecting their decision. It is called as a black box modelsince it occurs in buyers? mind. Those external and internal factors are realized in theutterances used in traditional selling and buying conversation. The language functions intraditional selling and buying are classified into three types; referential, affective, and phatic.A further and deeper research needs to conduct to prove the language functions in traditionalselling and buying conversation in Banyumas dialect |
![]()
|
No. Panggil : | D2246 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2016 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 222 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
D2246 | 07-19-303478496 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452115 |