ABSTRAK Dalam memasarkan barang dan/atau jasanya saat ini,banyak perusahaan di Indonesia makin menyadari diperlukannyasuatu pemahaman yang cukup mendalam mengenai perilaku konsumen. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT. X yang mengelola suatu pusat pertokoan dan perbelanjaan yang dikenaldengan nama GMP. IJntuk itu dilakukan suatu penelitian mengenai perilaku konsumen yang dalam hal ini adalah para pembelanja di pusat perbelanjaan GMP. Diharapkan dengan diketahuinya perilaku konsumen dapat dilakukan berbagai aktivitaspemasaran seperti segmentasi pasar, ?positioning? dan penyusunan program promosi yang efektif. Model perilaku konsumen yang digunakan dalam penelitianini adalah model EKB (Engel, Kollat & Blackwell model) sedangkan aspek perilaku yang ditelaah adalah Gaya Hidup ataupola seseorang dalam menggunakan waktu dan uang. Untukmengukur Gaya Hidup secara operasional digunakan tehnjkpsikografik yang meliputi aspek Aktivitas, Minat dan Opinibaik terhadap hal-hal yang uinum dalam kehidupan maupunterhadap pusat perbelanjaan GMP. Pada penelitian ini dikum?pulkan pula data demograuik responden. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan menggunakan kwesjoner sebagai alat pengumpul datanya. Adapunpembelanja yang menjadi responden adalah individu-individuyang telah berbelanja dan yang diperkirakan akan berbelanjadi pusat perbe1aflia GMP. Jumlah keseluruhan respondenadalah 50 orang. Data yang ada kemudian diolah dengan metodestatistik Hasil pengolahan data menun,jukkan bahwa secara umumresponden memiliki opini positif terhadap GMP, mernilikikebiaSaafl untuk mengisi waktu luang dengan mengunjungipusatpusat perbelanjaan, menyukai barang-barang mewah danmahal, cukup sadar akan harga, kurang inengikuti kegiatanatau men,jadi anggota suatu organisasi sosial dàn cukup puasdengan kehidupan inereka saat ini serta merniliki keyakinanbahwa rnereka berperanan dalam membentuk kehidupan tersebut. |