:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kontribusi kinerja pemasaran dan dukungan organisasi terhadap pendayagunaan fasilitas pelatihan : studi kasus di BLK Padang

Tamardi A. Rivai; Martani Huseini, supervisor; Azhar Kasim, examiner; Agung Purwadi, examiner ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak

ABSTRAK
Anggaran yang disediakan pemerintah untuk penyelenggaraan pelatihan di
BLK Padang hanya mampu mengisi sekitar 36,15 persen dan kapasitas pelatihan
yang berjumlah 1.280 orang per tahun. Keadaan ini telah menyebabkan sejumlah
sarana dan fasilitas yang ada tidak terdayagunakan secara maksimal. Usaha BLK
untuk memenuhi kapasitas yang tidak terisi (63,85persen) melalui kegiatan
pendayagunaan fasilitas pelatihan (non reguler) rata-rata per tahun hanyalah
sebesar 35,27 persen. Sementara itu target penerimaan BLK dalam rupiah yang
ditetapkan pemerintah rata-rata untuk tiga tahun terakhir berkisar 64,21 persen per
tahun. Angka ini lebih didominasi oleh penerimaan dan sektor penyewaan gedung
dan asrama.
Rendahnya tingkat pendayagunaan fasilitas pelatihan tidak terlepas dan
icontribusi kinerja pemasaran dan clukungan organisasi BLK. Sementara iti kekuatan
internal yang dimiliki BLK seperti gedung, perangkat lunak dan perangkat keras,
dukungan biaya rutin dan peinbangunan dan pemerintah, SDM seluruhnya berstatus
pegawai negeni, adanya akses kekuatan yang sangat mendukung dalam bentuk
Peraturan Pemerintah, adalah menipakan modal dasar yang sangat potensi bila
dikelola secan profesional. Disisi lain lingkungan organisasi (BLK) terdiri dari dunia
usaba, pendidikan tinggi, instansi pemenintah dan swasta serta masyarakat umum,
merupakan peluang pasar yang dapat climanfaatkan BLK melalui kemitraan yang
sating menguntungkan, sebagai upaya BLK dalam meningkatkan pelayanan yang
seluas-luasnya dan sekaligus sebagai sumber pemasukan keuangan kas negara
melalui program pendayagunaan fasilitas pelatihan ELK. Kebijakan reformasi
dibidang pelatihan meughendaki agar ELK dikelola dan dikembangkan sebagai
kegiatan bisnis yang berorientasi pada kebutuhan pasar. Kebijakan tersebut
mengisyaratkan bahwa pemasaran merupakan salah satu titik sentral dalam kegiatan
operasional BLK, sehingga diperlukan manajemen profesional berwawasan bisnis
yang mazupu membaca peluang dan perubahan pasar untuk dimanfaatkan sebagal
segmen pasar pendayagunaan fasilitas pelatihan melalui kemitraan usaha dengan
BLK Padang.

 File Digital: 1

Shelf
 T6330-Tamardi A Rifai.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 147 pages : illustration ; 23 cm + appendiix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-944481825 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452410