ABSTRAK Keberadaan begitu banyaknya brand di sekitar kita yang semakin harisemakin bertambah, baik jumlah maupun variasinya terutama bila brand tersebutmemiliki unsur kesamaan terkadang dapat menimbulkan kebingungan dalammembedakan antara satu brand dengan brand lainnya. Untuk mengatasi haltersebut maka pemasar dalam hal ¡ni dapat melakukan diferensiasi terhadapproduk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen, salah satunya adalah denganmemasukkan pendekatan experiential marketing. Dengan pendekatan ¡ni pemasar menciptakan produk atau jasa denganmencoba menyentuh panca indra konsumen, menyentuh hati dan mer angsangpikiran konsumen sehingga hal tersebut menciptakan pengalaman dalam dirikonsumen dan akhirnya dapat menjadi sesuatu yang dapat dikenang dandiceritakan kepada orang-orang terdekat. Tujuan dan penulisan Karya Akhir ini adalah akan membuktikan bahwasoto yang memiliki pendekatan experiential akan lebih lama memberikan utilitydibandingkan soto ayam biasa, Teori yang digunakan daiam penulisan ini adalahteori yang awalnya dikembangkan oleh Holbrook dan Hirchman pada tahun 1982-an dan kemudia dikembangkan dalam bukunya yang berjudul Marketing Aesthetic dan Experential Marketing. Fakta yang ditemukan dalam penelitian karya akhir ini adalah bahwa darípengujian t yang dilakukan untuk tiap pernyataan sense dan fed pada keduakelompok terlíhat bahwa dan 10 pernyataan hanya 4 pernyataan yang memilikiperbedaan mean yang positif dan sesuai dengan hipotesa pertama. sedangkanuntuk pengujian t pada total sense dan feeL per haii ditemukan hanya terdapat 3hari yang memiliki kesesuaian dengan hipotesa pertama. Lalu pada pengujian t untuk selisih post dan pre utiIiiy per bali keduakelompok ternyata untuk keenipat haii penelitian hanya ditemukan 2 hari yangsesuai dengan hipotesa 2a. Akhirnya pada pengujian selisih hari 1 dan hari 4 tiappenyataan sence dan feel per bali untuk kedua kelompok dali 10 pernyataanditemukan hanya 4 pernyataan yang bernilai positif dan sesuai dengan hipotesa 2b,walau pun hasilnya tidak signifikan, sedangkan bila diihat dali pengujian selisihtotal hali 1 dan han 4 tiap pernyataan sense dan feel kedua kelompok sama sekaliLidak ditemukan kesesuaiafl dengan hipotesa 2b Dari temuan yang ada dapat disimpulkan bahwa ternyata uji hipotesapertama untuk aspek sense dan feel secara keseluruhan ditolak karena nílainyatidak signifikan. Selanjutnya untuk pengujian hipotesa 2a untuk penurunan postdan pre utility meskipun ditemukan adanya kesesuaian dengan hipotesa namunkarena nilainya tidak signifikan maka disimpulkan bahwa hipotesa 2a ditolak.Akhirnya untuk menguji hipotesa 2b yaitu selisih hari 1 dan hari 4 karena hanyaditemukan 4 pernyataan yang sesuai dengan hipotesa namun karena pernyataantidak signifikan maka disimpulkan bahwa hipotesa 2b juga ditolak. Untuk konsumen yang merasa terganggu dengan suara gebrakan yangdidengarnya dan agar konsumen tersebut mau datang lagi untuk mengkonsumsimaka penjual sebaiknya menerapkan strategi diskon sehingga konsumen maudatang lagi karena untuk konsumen yang memiliki pengalaman negatif seperti inibaru akan merasakan utility setelah kunjungan kedua. |