:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi bersaing PT Texmaco Graha Busana dalam era oasca krisis tahun 2000 : studi kasus produk "accent"

Novrizal Rais; Heru Sutojo, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Penulisan karya akhir yang berjudul Strategi Bersaing PT. Texniaco Graha Busana dalam Era Pasea Krisìs tahun 2000 Stucli Kasus Produk "Accent" ini dimaksudkan adalah untuk memberikan solusi bagi perusahaan yang bersangkutan untuk menetapkan strategi bersaing dalam bisnis pakaian jadi, dimana Accent telah merubab pasar sasarannya dañ segmen wanita kelas menengah?bawah meniadi menengah-atas. Menetapkan strategi bersaing tersebut hams didukung oleh beberapa straetgic tools dan bauran strategi pemasaran yang hams hams saling komplementer, agar danat meniberikan daya saing Accent dalam menghadapi pesaing - pesaing di segmen yang baru tersebut.
Secara garis besar, permasalahan yang sangat mendasar yang menyebabkan Accent merubah pasar sasarannya adalah : permintaan yang menurun karena harga jual pakaian jadi yang hams dinaikkan, krisis ekonomi yang berkepanjangan mengakibatkan daya bell segmen kelas menengah-bawah menurun signifikan. Sehingga untuk rnenghadapi hal tersebut Accent hams rnenyusun strategi bersaing yang relevan dan perLunya merencanakan obyektíf jangka panjang agar dapat menguasai pasar pakaian jadi di segmen kelas menengah-atas.
Pada awal penulisan ringkasan eksekutif ¡ni perlu diketahui secara umum profil dan perusahaan yang bersangkutan. PT. Texmaco Graha Busana didirikan pada bulan Juni tahun 1994 yang merupakan strategic business unit dan Texmaco Group untuk perdagangan tekstil dan manufaktur (textil trading & manufktur), dengan meluncurkati berbagai produk pakalan jadi dengan merek produk Accent. Pada awalnya target pasa-Accent adalah wanita karir dan non karir yang termasuk pada segmen kelas menengah bawah. Jenis produk yang ditawarkan untuk pakaian jadi terdiri atas tiga kategori, yaltu: pakaian wanita karir, maternity dan relax. Disamping itu juga ada beberapa aksesoris warnta seperti dompet dan ikat pinggang.
Nilai penjualan Accent dan sejak diberdirikan hingga tahun 1999 memperlihatkan kecendrungan bertumbuh, dimana pertumbuhan paling besar terjadi pada tahun 1998 yaltu 116%, sedangkan untuk volume penjualan hingga tahun 1998 juga memperlihatkan pertumbuhan.. dimana petunibuhan pada tahun 1998 adalah sebesar 51,2%. Hanya pada tahun 1999 volume penjualan mengalami penurunan sebesar 9,6% dan diestimasi juga pada tahun 2000 akan terjadi penurunan penjualan sebesar 8.5%.
Penurunan volume penjualan ini sangat didominasi oleb karena menurunnya daya beli masyarakat. termasuk segmen kelas menengah bawah yang meniadi pasar sasaran Accent. Dampak menurunnya daya beli ini sangat terasa pada kalangan segmen bawah. Penyebab menurunnya daya bell ini disebabkan oleh gejolak krisis moneter di Indonesia yang mulai dirasakan pada awal pertengahan tahun 1998, namun dampaknya yang paling parah barii dirasakan pada ta.hun 1999 hirigga 2000, dimana dimulainya penurunan volume penjualan Accent.
Penurunan daya bell pada segmen ketas menengah bawah ini merupakan ancaman serius bagi Accent baik sekarang maupun untuk dimasa mendatang, oleh karena itu pihak manajemen PTTGB segera memberikan respon dan mengambil langkah strategik untuk beralih ke segmen kelas menengah atas. Pada segmen kelas menengah atas ini relatif tidak begitu besar terja.di penurunan daya beli akibat imbas dan knisis moneter, mereka tetap membelanjakaI uang mereka untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya sangat personal. personality tersebut membenkan simbol/ status tersendiri bagi mereka yang meningkatkan self-esteem dan rasa percaya diri.
Setelah Accent memasuki pasar barn tersebut, maka banyak diadakan perubahan dalam penerapan strategi bersaing generik dan program strategi bauran peinasaraflflYa. Untuk bauran pemasafan banyak tetjadi perubahan strategi, beberapa produk busana formil (jas keija wanita) sudah dibuat dan bahan serat katun impor dan bahari polyester hanya untuk busana relax dan maternity, harga sudah dinaikan sesuai dengan segmen menengab atas, jalur distribusi sudali melalui mal atau plaza terkemuka, promosi dan ildan sudah meialui media yang di konsumsi oleh wanita eksklusif. Hanya untuk strategi bersaing generik inasih mengandalkan biaya rendab! low cost sala seperti yang teijadi hingga saat ini, oleh karena itu penulis mengusulkail urituk meng-integrasikan antara strategi generik low cost dengan diferensiaSi. Diferensiasi yang dimasudkafl adalah pada bauran pemasaran.
Apabila strategi genenik diferensiasi ini berhasil diterapkaii dengan konsisten dan didukung oleh bauran pemasaran, maka slogan Accent ?speak fashion with an Accent? da pat disesuaikan dengan positioning Accent sebagai pakaian jadi untuk wamta eksklusif. Sehíngga diharapkan dapat mengkomurlikaSikan kepada konsumennya dengan baik dan dapat memberikan persepsi dan image bahwa Accent sekarang bukan lagi Accent yang dulu. Membangun image Accent sangat penting, karena apabila image yang melekat pada Accent masih sebagal bu sana untuk segmen menengah bawab, maka konsumen segmen menengab atas alcan enggan untuk membeLi produk Accent, karena adanya perbedaan customer perceived value di antara kedua segmen tersebut. Penerapan strategi pemasaran yang baru ini ternyata telah dapat mengangkat nilai penjualan pada pertengahan tahun 2000 ini, yaitu pada bulan Juli hingga Oktober 2000. Sedangkan volume penjualan diestimasikan hingga akhir tahun 2000 masih tetap akan mengalami penurunan dibandingkafl tahun 1999 sebesar 8,5%.
Usulan untuk mengintegrasikan strategi bersaing low cost dengan differentiation ini akan dikemukakan lebih jelas clalam hab analisa, termasuk di dalamnya keuntungan dan resiko apa yang akan dihadapi oleh Accent saat ini dan dimasa mendatang.

 File Digital: 2

Shelf
 T6338-Novrizal Rais.pdf :: Unduh
 T6338-Novrizal Rais.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T6338
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : 179 pages : illustration ; 23 cm + appendiix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T6338 15-19-179748707 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452413