Strategi pemasaran perumahan bukit palem (studi kasus: PT Murthy Kurnia Utama
Miki Simona Kudo;
Setyo Hari Wijanto, supervisor
([Publisher not identified]
, 1996)
|
ABSTRAK Cilegon merupakan kawasan industri yang sedang dikembangkan. Makinbanyak perusahaan dan pabrik yang didirikan di kawasan tersebut. Akibatnyamalcin banyak tenaga kerja yang datang ke Cflegcn. Tenaga kera tersebutbermacam-macam, mulai dan tenaga kerja kasar sampai dengan profesional.Mereka yang datang ke sana tentunya membutuhkan rumah tinggal selamamereka bekerja di sana. Sebagian akan membawa keluarga mereka tinggal diCilegon. Keputusan untuk membuat perumahan di Ciiegon didukung oleh kondisiperekonomian nasional yang cukup baik. Pertumbuhan ekonomi nasionalmenunjukkan nilai yang cukup tinggi, yaitu sekitar 7%. Belum lagi pertambahanpenduduk yang berarti pertambahan kebutuhan rumah tinggal. Untuk memenuhi kebutuhan rumah tinggal inilah, PT. Murthy KurniaUtama (PT. MKU) membangun perumahan Bukit Palem di kawasan Cilegon. Agarkonsumen yang menjadi sasaran lebth terfokuskan, PT. MKU hanya mengincarkonsumen yang berpendapatan menengah ke atas dan bekerja di Cilegon.Pemilihan segmen ini memudahkan PT. MKU menentukan model rumah tinggalyang dibangun serta fasilitas yang diperlukan. Demikian juga penentuan hargadan promosi lebih terarah. Bentuk rumah tinggal didisain untuk kalangan menengah ke atas denganlingkungan yang asri. Fasilitas yang disediakan lengkap, mulai dan fasilitasrekreasì sampal punt perbeÌanjaan, seperti yang terdapat di kota-kota besar.Fasilitas yang lengkap ini membuat Bukit Paient menjadi semacam kota. Fasilitasyang Iengkap ¡ni diharapkan akan membuat konsumen alcan betah tinggal diCilegon. Harga jual yang ditetapkan berkisar antan harga rata-rata penjualan rumahdi kawasan tersebut sampai di atas harga rata-rata. 1-larga yang agak tinggimemungkinkan bahan bangunan yang digunakan berkualitas tinggi seh-inggarumah yang dibuatjuga sesuai dengan konsumen sasarannya. Promosi yang dilakukan disesuaikan dengan konsumennya. Mediakomunikasi (surat kabar, radio) yang digunakan adalah yang sasarankonsuxnennya sarna, yaitu berpendapatan menengah ice atas. Suxat kabar yangdigunakan adalah Kompas. Sedang media radio menggunakan radio laical CilegonTop FM, untuk mempromosikan di konsumen yang sudah tînggal lebih dulu diCilegon. Display dipasang di tempat antan Jakarta-Merak, sehingga setiap orangyang ke Cilegon pasti melihat display tersebut. Pendekatan lain adalah denganmengunjungi langsung pabrik yang berada di Cilegon maupun kantor-kantor diJakarta yang mempunyal kegiatan di Cilegon. Pendekatan langsung ini bertujuanuntuk lebih memperkenalkan Bukit Palem sekaligus menarik minat karyawanpabrik atau kantor tersebut untuk memiliki rumah tinggal di Bukit Palem. Pemasaran dilakukan sendiri oleh PT. MKU, karena dianggap lebibmengetahui mengenal produk yang dijual sehingga lebih mengerti cara yang tepatuntuk memasarkannya. Tapi di sisi lain cara in! mempunyai kelemahan, yaitutidak menggunakan cara pemasaran yang tepat untuk memasarkan rumah tinggal.Hal ini disebabkan pernasaran rurnah tinggal berbeda dengan produk lainnya,seperti perkantoran atau pertokoan. Mungkin Iebih baik jika menggunakanbantuan konsultan pemasaran. |
T3834-Miki Simona Kudo.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T3834 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | vii, 136 pages : illustration ; 23 cm + appendiix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T3834 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452578 |